English English Indonesian Indonesian
oleh

Pastikan Harga Belum Naik, Pertamina Masih Bolehkan Warga Beli Elpiji 3 Kg

JAKARTA, FAJAR–Dirjen Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji memastikan, hingga saat ini belum ada wacana menaikkan harga elpiji melon.

Meski, Tutuka mengakui bahwa konsumsi tabung elpiji 3 kg membeludak hingga mencapai 8,07 juta ton atau melampaui kuota yang ditetapkan sebesar 8 juta ton selama 2023.

’’Saat ini kita tidak ada wacana meningkatkan harga LPG PSO maupun non-PSO. Memang ini perlu dikaji lebih dalam terhadap peningkatan (konsumsi) itu,’’ ujar Tutuka.

Selagi pendataan KTP berjalan, masyarakat masih dipersilakan untuk mendaftar. ’’Jadi saat ini yang bisa membeli elpiji 3 kg yang sudah mendaftar saja. Bagi yang belum mendaftar, masih kita perbolehkan, namun menyertakan KTP dan KK untuk mendaftar ke pangkalan,’’ jelas dia.

Tutuka menjelaskan, kebijakan ini diambil pemerintah karena makin tahun penjualan LPG subsidi makin naik. Bahkan mencapai 8 juta ton. Padahal, jumlah rakyat miskin justru berkurang.

’’Ini yang membuat kami berpikir keras kenapa ini terjadi. Kita juga tidak mau sampai ada oplosan di lapangan. Untuk itu, konsekuensinya kami harus lakukan transformasi subsidi ini,’’ imbuh Tutuka.

Dia memastikan masyarakat tidak perlu khawatir pada keamanan data pribadi konsumen. Pemerintah dan Badan Usaha Penerima Penugasan (PT Pertamina) menjamin bahwa data konsumen elpiji 3 kg pada merchant app Pertamina akan terlindungi sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi.

Data aktual menunjukkan bahwa sekitar 31,5 juta pengguna elpiji 3 kg telah bertransaksi melalui merchant app Pertamina di sub penyalur/pangkalan resmi. Pendataan pengguna LPG Tabung 3 Kg sebagai tahap awal proses transformasi ini telah dilaksanakan sejak 1 Maret sampai dengan 31 Desember 2023. (dee/jpg/zuk) 

News Feed