English English Indonesian Indonesian
oleh

Jelang Pemilu, KPK Baru Buru Harun Masiku Lagi

JAKARTA, FAJAR–Harun Masiku bisa jadi menjadi salah satu buronan paling licin KPK. Kini, dia baru diburu lagi menjelang pemilu.

KPK mengaku telah menggeledah rumah mantan komisioner KPU RI Wahyu Setiawan, di Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (12/12/2023) lalu. KPK mendapat informasi baru terkait kasus dugaan suap pengurusan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR yang menjerat mantan calon legislatif (caleg) PDIP Harun Masiku.

“Benar, sebelumnya tanggal 12 Desember 2023, tim penyidik KPK telah melakukan penggeledahan di rumah saksi Wahyu S, mantan komisioner KPU di Banjarnegara, Jateng,” kata kepala bagian pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (28/12/2023).

Ali tak menjelaskan secara rinci informasi yang diperoleh tim penyidik saat menggeledah rumah Wahyu Setiawan. Namun, pemeriksaan Wahyu Setiawan hari ini untuk mendalami kasus dugaan suap Harun Masiku yang masih buron sejak 2020 lalu.

“Tim mendapatkan informasi terkait penanganan perkara dengan tersangka HM (Harun Masiku) sehingga kemudian hari ini (28/12/2023) penyidik memanggil yang bersangkutan untuk melengkapi BAP sebagai saksi perkara dimaksud,” tegas Ali.

Wahyu Setiawan pun memenuhi panggilan pemeriksaan KPK. Ia akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi kasus dugaan suap pergantian antarwaktu (PAW) yang menjerat mantan Caleg PDI Perjuangan Harun Masiku, yang sampai saat ini masih buron.

Wahyu yang mengenakan kemeja berwarna biru tiba di gedung merah putih KPK, sekitar pukul 09.45 WIB. Ia mengaku diminta hadir untuk diminta keterangannya, sebagai saksi kasus dugaan suap yang menjerat Harun Masiku.

News Feed