English English Indonesian Indonesian
oleh

Hasrullah Berharap dari Anggota KI Sulsel, Ada Figur yang Berkiprah Tingkat Nasional

FAJAR, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) telah mengantarkan berkas hasil seleksi Calon Anggota Komisi Informasi (KI) Prov. Sulsel Periode 2023-2027 kepada Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, Rabu (06/12/2023).

Timsel menyerahkan berkas 15 nama peserta yang akan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) kepada Pemprov untuk selanjutnya diserahkan ke DPRD.

Ketua Timsel Hasrullah, menjelaskan bahwa hasil seleksi tersebut merupakan hasil terbaik yang bisa diberikan timsel. Apalagi ia melihat, test CAT dapat menyaring calon-calon yang punya kapasitas yang baik untuk pengetahuan umum maupun pengetahuan tentang Komisi Informasi.

“Sehingga dari 30 menjadi 15. Banyak peserta bergelar doktor bahkan tidak lolos. Itu dari 8 tinggal 3 calon,” sebutnya, Jumat, 8 Desember 2023.

Dalam tahap selanjutnya berdasarkan Peraturan Komisi Informasi Publik, penilaian akhir di wawancara. Ada yang memiliki nilai bagus CAT dan psikologinya, ketika wawancara nilainya kurang. “Sehingga bagaimana hasil CATnya bagus, karena ini dia harus berhadapan dengan publik, jadi perlu juga cara berbicara. Sehingga ada juga yang jatuh di situ. Padahal angkanya di dua test itu luar biasa,” jelasnya.

Ia berharap, DPRD selanjutnya memilih yang terbaik dari 15 nama-nama yang disodorkan. “Orang-orang yang kita pilih 15 itu. Siapa pun dari situ, 5 yang keluar kita berharap orang yang terpilih itu punya kapasitas. Selanjutnya dapat bertarung di tingkat nasional. Jadi kita harapkan empat tahun kemudian dia bisa terpilih menjadi Komisi Informasi Pusat, jadi kita siapkan kader,” pungkasnya.(*)

News Feed