English English Indonesian Indonesian
oleh

Refleksi Pembangunan Kemandirian Lokal ala Sulsel

Dalam proses bisnisnya, program ini melibatkan peran sektor perbankan dan non perbankan dibawah koordinasi OJK. OJK menjelaskan sementara ini sekurangnya ada 5 bank yang akan menjadi penyalur dana KUR untuk membiayai program strategis Pemprov. tersebut sesuai skhema yang disepakati antara para pihak, terutama antara perbankan dengan para petani atau kelompok petani pisang Cavendish yang tersebar di beberapa daerah.

Akhirnya, dari gambaran tersebut tampaknya program kerja Pj. Gubernur dapat dianggap sebagai suatu upaya untuk mengusahakan terlaksananya kembali kebijakan pembangunan berbasis Kemandirian Lokal a la Sulsel. Menyertakan secara bersinergi dan berkolaborasi antara para pihak strategis dalam satu program kerja sama terencana dan terarah untuk pengembangan komoditas pisang Cavendish.

Diharapkan program tersebut dapat berhasil. Sekurangnya kita menghargai spirit Pemprov. dan Pemkab/Pemkot di Sulsel yang terus berupaya melakukan inovasi kebijakan dalam pembangunan berbasis potensi unggulan lokal daerah di Sulsel guna mendukung kebijakan pemerintah nasional untuk mendorong kemandirian pangan. Semoga sukses. (*)

News Feed