English English Indonesian Indonesian
oleh

Tradisi “Passolo” ri Kajang Raih Medali Perunggu di PIMNAS 2023

Namun kabar baik kembali membawa tim Passolo Unhas menjadi salah satu dari 29 tim Unhas yang lolos ke PIMNAS 36 tahun 2023 di Universitas Padjajaran Bandung. Riset ini berfokus pada pergeseran nilai dan fungsi tradisi passolo, penentuan besaran pengembalian passolo, menganalisis sanksi, dan dampak dari tradisi passolo.

Seiring waktu, tradisi Passolo mengalami pergeseran baik secara nilai maupun praktikal. Riset ini menganalisis tradisi passolo sebagai bentuk kredit sosial di Desa Bonto Baji dengan menggunakan teori kontrak relasional, melalui pendekatan kualitatif dengan metode
etnografi. Data-data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam.

Analisis data menggunakan model spiral analisis oleh Creswell. Hasil riset menunjukkan transformasi nilai passolo dari pemberian sukarela menjadi kredit sosial untuk meringankan beban penyelenggara hajatan.

Setelah mempresentasikan hasil riset di hadapan juri PIMNAS bersama 21 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia pada tanggal 29 November. Malam pengumuman sekaligus penutupan PIMNAS 36 30 November 2023 membuat tim passolo meloncat riang setelah mendengar pengumuman nama tim passolo meraih medali perunggu pada Kelas PKM-RSH-4.

Ketua Tim Passolo Nurizal Muhair mengutarakan “akhirnya semua proses kami selama penelitian, berminggu-minggu tinggal di Kajang mencari data, lalu berminggu-minggu pula membaca dan menuliskan data yang kami temukan di lapangan. Setiap hari dan tak mengenal waktu menambah kesibukan dosen pembimbing kami Kak Icha akhirnya terbayarkan malam ini.

News Feed