English English Indonesian Indonesian
oleh

Tradisi “Passolo” ri Kajang Raih Medali Perunggu di PIMNAS 2023

FAJAR, MAKASSAR-Salah satu tim Pimnas ke-36 tahun 2023 dari Universitas Hasanuddin meneliti tradisi “passolo” pada tradisi masyarakat adat Kajang di Kabupaten Bulukumba pada skim Program Kreativitas Mahasiswa Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH).

Tim tersebut terdiri dari gabungan dari mahasiswa dari berbagai jurusan di Universitas Hasanuddin. Ketua Tim atas nama Nurizal Muhair Mahasiswa Antropologi Sosial, lalu Alfandi Idris juga mahasiswa dari Antropologi Sosial, Andi Farhan Fauzi mahasiswa Sosiologi, Nur Fitri Ramadhani M dan Andi Diva Shalsabila Oddang masing-masing mahasiswa dari Manajemen FEB Unhas. didampingi oleh dosen pembimbing Icha Musywirah Hamka yang merupakan salah satu dosen departemen Antropologi Sosial FISIP Unhas.

PKM Riset Sosial Humaniora merupakan salah satu jenis Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang berfokus pada mengkritisi fenomena sosial humaniora yang ada di masyarakat. PKM-RSH menitikberatkan pada unsur kreativitas dan inovasi yang bermanfaat dan berguna dalam memberikan jawaban atas permasalahan yang diangkat dengan gabungan antara bidang sosial dan humaniora yang memiliki objek riset pada fenomena sosial dan perilaku manusia yang dapat ditemui dalam kehidupan bermasyarakat. Setelah proposal penelitian tersebut dinyatakan lolos didanai oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi menjadi suatu kebanggaan tersendiri karena penuh persaingan dari kampus negeri maupun swasta yang ada di Indonesia. Namun tidak sampai dengan mendapat pendanaan, progress ini pula merupakan penentu apakah akan lolos masuk ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang merupakan kegiatan puncak pertemuan nasional perwujudan kreativitas dan penalaran ilmiah mahasiswa atau tidak.

News Feed