English English Indonesian Indonesian
oleh

Kemenkominfo Bersama Kemenkes Atensi Penerapan RME Bagi Faskes Agar Terintegrasi SATUSEHAT

“Jadi kegiatan ini sebagai upaya untuk edukasi mengenai Adopsi Rekam Medis Elektronik Menuju Fasilitas Kesehatan Yang Terintegrasi SATUSEHAT,” ucapnya.

Kata dia, RME menjadi salah satu solusi penting dalam kesehatan masyarakat Indonesia. Rekam medis yang sifatnya masih manual disebutkan menjadi salah satu permasalahan kesehatan di Indonesia, masyarakat tidak dapat memonitor kesehatan pribadi dan fasilitas kesehatan tidak dapat memberikan edukasi kesehatan dengan tepat sasaran.

“Seminar ini lebih ditujukan kepada dokter pemilik RS dan Klinik dan Pimpinan Rumah Sakit dan Klinik, Dinas Kesehatan, tenaga kesehatan, staf fasilitas kesehatan, serta pemangku kepentingan lainnya khususnya di wilayah Makassar, Sulsel,” ucapnya.

Ia melihat bahwa proses implementasi RME ini merupakan hal krusial, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI mendorong transformasi digital dan penggunaan RME pada fasilitas pelayanan kesehatan melalui program adopsi teknologi digital untuk melakukan Proof of Concept (PoC) Adopsi Teknologi Digital pada rantai nilai di sektor Kesehatan melalui perkenalan use-case digital dan Fasilitasi Implementasi Adopsi Teknologi Digital di Kawasan Prioritas.

Dalam proses Adopsi Teknologi Digital, Kominfo menggandeng AHI untuk mempercepat implementasi. Asosiasi Health Tech Indonesia (AHI) merupakan perhimpunan perusahaan teknologi yang berfokus pada sektor kesehatan.

Saat ini AHI telah terhubung ke lebih dari 7000 fasilitas kesehatan dan turut mendukung implementasi Rekam Medis Elektronik bersama dengan salah satu anggotanya.

News Feed