English English Indonesian Indonesian
oleh

Aliyah Edukasi Warga Mamarita Cerdas Memilih Produk Sebelum Dikonsumsi

MAKASSAR, FAJAR — Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham bersama mitra BBPOM di Makassar gelar sosialisasi pemberdayaan masyarakat melalui KIE obat dan makanan, bersama warga Kecamatan Mariso, Mamajang dan Tamalate (Mamarita), Kota Makassar.

Dalam kesempatan tersebut, Aliyah Mustika Ilham, mengingatkan masyarakat agar lebih cerdas dalam memilih produk sebelum dikonsumsi.

“Pikirkan efek samping yang mungkin ditimbulkan, semisal memilih produk kosmetik, jangan hanya karena ingin putih secara instan mengabaikan risiko jangka panjang yang dapat ditimbulkan,” tutur Aliyah Mustika Ilham, di Hotel UIN Alauddin, Minggu, 29 Oktober 2023.

Makin maraknya produk yang beredar secara online maupun offline, mengharuskan masyarakat cerdas dan bijak dalam memilih produk.

“Pastikan cek KLIK, cek kemasan, cek label, cek izin edar dan cek kedaluwarsa sebelum menggunakan,” lanjutnya.

Sementara itu Kepala BBPOM di Makassar, Dra Hariani, Apt dan PFM Madya Balai Besar POM di Makassar, Dra Hj Andi Aisyah Hapid, Apt, selaku narasumber juga menjelaskan tentang tanggal kedaluwarsa produk.

“Memahami tanggal kedaluwarsa, sehingga menjadi salah satu pertimbangan membeli produk, beli sesuai kebutuhan yang akan digunakan, sehingga tidak menyimpan produk terlalu lama,” tutur Andi Aisyah.

Berbagai efek samping dapat ditimbulkan, jika menggunakan produk yang tidak memiliki izin dari BBPOM, semisal untuk produk kosmetik jika mengandung bahan berbahaya dapat menjadi risiko kanker kulit.

“Ada beberapa bahan yang tidak aman bagi ibu hamil ataupun menyusui, sehingga jika digunakan dapat memberi efek bukan hanya kepada ibu, tetapi juga dapat berisiko bagi anak ataupun janin,” lanjutnya.

News Feed