English English Indonesian Indonesian
oleh

Logo-Tema Hari Jadi 354 Sulsel Berganti, Jadi “Era Baru Sulawesi Selatan Menuju Indonesia Maju”

FAJAR, MAKASSAR-Ada hal menarik yang terjadi di Pemprov Sulsel. Dalam sejarah pemerintahan di Sulsel baru kali ini logo dan tema hari jadi Sulsel ke-354 berubah. Dari tema “Sulsel Andalan Indonesia” berubah menjadi “Era Baru Sulawesi Selatan Menuju Indonesia Maju”.

Hal ini terungkap dalam rapat panitia hari jadi ke 354 tahun di ruang rapat pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (11/10/2023). Rapat panitia ini dihadiri sejumlah Kepala OPD antara lain; Kepala Dinas Tarkim Andi Bakti, Kepala Disperindag Ahmadi Akil, Karo Pemerintahan Idham Kadir dan lain sebagainya.

Di dalam pembahasan tersebut, Sekretaris Panitia Hari Jadi Sulsel Idham Kadir meminta panitia menayangkan slide demi slide filosofi dan rancangan perubahan logo dan tema hari jadi ke 354 Sulsel yang jatuh pada 19 Oktober 2023 ini.

Berdasarkan pantaun, secara logo berupa angka hari jadi 354 tidak mengalami perubahan bentuk. Namun berubah dari sisi warna. Sebelumnya, warna 354 itu berwana hitam, namun kini berubah menjadi nuansa warna merah putih bak bendera Indonesia.

“Lantas dari tema berubah dari Sulsel Andalan Indonesia menjadi era Baru Sulawesi Selatan menuju Indonesia Maju,” ujar Idham Kadir di dalam rapat.

Idham Kadir juga memperkenalkan bahwa logo dan tema itu secara design didesign oleh Diskominfo SP Sulsel oleh Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika (Aptika) Sultan Rakib.

Setelah rapat panitia, wartawan yang menghubungi Idham Kadir tidak memberikan alasan kenapa tema dan logo hari jadi Sulsel ke 354 tersebut berubah. Kadis Perindag Sulsel Ahmadi Akil sebagi Ketua Panitia juga enggan memberikan komentar.

Di tempat terpisah, Yang mendesain logo awal dan juga pendesain logo baru Sultan Rakib saat dimintai tanggapannya via sambungan telepn dijawabnya dengan singkat bahwa itu arahan pimpinan.

“Logo angka sih Tidak ada yang berubah. Logo sesuai filosofi dan perkembangan Sulsel. Yang berubah hanya tema,” ujar Sultan.

Saat ditanya kenapa tema hari jadi diganti? Sultan menjawab perintah pimpinan.
“Perintah pimpinan. Gubernur kan sudah berganti. Kan kita (Sulsel) sudah punya Pj gubernur,” singkat via telepon, Sabtu (14/10/2023).

Sekadar diketahui, Sejak 5 September 2023, Andi Sudirman Sulaiman telah turun tahta dari jabatan gubernur dan ditunjuklah dari pusat Dr Bahtiar Baharuddin sebagai Penjabat Gubernur Sulsel.

Sebelumnya, Andi Sudirman Sulaiman jauh hari sekitar awal Mei 2023 sudah membentuk panitia hari jadi 354 Sulsel dan sudah pasti harus ada logo dan tema hari jadi. Di satu sisi, hari jadi Sulawesi Selatan jatuh pada 19 Oktober 2023.

Tak pelak, Logo 354 dengan teman “Sulsel Andalan Indonesia” terbit secara resmi dan dirancang oleh Diskominfo Sulsel.

Namun saat Andi Sudirman Sulaiman telah turun, maka saat jelang Hari Jadi Sulsel, kesepakatan panitia tidak lagi menggunnakan istilah “Andalan” yang merupakan akronim nama dari Andi Sudirman Silaiman.

Sejumlah spot-spot atau ruang publik saat Andi Sudirman Sulaiman menjadi gubernur banyak menggunakan nama Andalan. UKM Andalan, bahkan bandar udara Sorowako diganti menjadi bandar udara Andalan Daruk Patimang. Itupun ditolak warga Lutim dengan aksi demonstrasi saat Andi Sudirman melakukan peresmian bandar udara tersebut. (*)

News Feed