English English Indonesian Indonesian
oleh

Perekonomian Sulsel dalam Transisi Pemerintahan (2-selesai)

Misalnya, dengan stabilnya harga dan tersedianya pangan dasar, maka daya beli kelompok miskin dapat memenuhi kebutuhan dasarnya sehingga statusnya tidak menjadi kelompok miskin ekstrim. Demikian pula jika investasi dapat meningkat di daerah penduduk miskin ekstrimnya tinggi, maka akan terbuka peluang kerja sehingga mereka dapat memperoleh pendapatan guna memenuhi keperluan dasar hidupnya, terutama makan-minumnya.

Terakhir, tampaknya dengan memperhatikan tren perkembangan hasil-hasil kerja Gubernur sebelumnyan yang cukup baik dan kondunsif serta dengan memperhitungkan masa jabatan Pj. Gubernur yang terbatas, maka tampaknya keempat program kerja dibidang ekonomi yang dicanangkan terealisasi tapi dalam skala minimal atau sekurangnya sama dengan hasil yang dicapai Gubernur sebelumnya.

Sehingga hal penting yang perlu diperhatikan dengan masa jabatan transisi pemerintahan Pj. Gubernur yang terbatas yakni melanjutkan beberapa program kerja strategis Gubernur sebelumnya mungkin dengan sedikit penyesuaian.

Menjaga stabilitas perekonomian, social, dan politik menjelang pemilu raya 2024 sebaiknya lebih diutamakan, daripada merencanakan dan melaksanakan program-program kerja baru apalagi besar. Sebab hal tersebut belum tentu bisa direalisasikan dengan waktu terbatas.

Oleh karena itu, membangun komunikasi yang baik dengan seluruh pemangku kepentingan strategis adalah pilihan kebijakan prioritas untuk meningkatkan kepercayaan atau trust masyarakat kebanyakan dan pihak-pihak terkait dalam menghadapi masa pancaroba politik dan social yang tinggi karenapemilu raya 2024. (*)

News Feed