English English Indonesian Indonesian
oleh

Seminar Kesehatan di SLBN 1 Pembina Makassar, Orang Tua Perlu Perhatikan Kebutuhan Gizi Anak Spesialnya

FAJAR, MAKASSAR — Komite SLBN 1 Pembina Makassar menggelar seminar gizi dan kesehatan di Aula Handayani, Selasa, 12 September 2023.

Para orang tua (ortu) mengikuti seminar tersebut yang menghadirkan Dokter Spesialis Gizi RSUP Tadjuddin Chalid, dr Andi Syurma Sari Ismail, SpGK, di saat para siswa sedang belajar di dalam kelas.

Seminar yang dipandu oleh dr Andi Batari Desiani yang juga seorang dokter sekaligus salah satu orang tua siswa mengusung tema “Nutrisi pada Anak Berkebutuhan Khusus atau ADHD”.

Andi Syurma mengajak orang tua agar lebih memahami kebutuhan gizi dan jenis nutrisi yang diperlukan oleh anak-anak spesialnya, untuk tumbuh kembang mereka. Pasalnya, menu makanan pada anak-anak berkebutuhan khusus tak bisa disamakan dengan menu makanan anak-anak  normal. Karena mereka rentan dengan kandungan terhadap makanan seperti glukosa yang tinggi, makanan siap saji, dan pengawet makanan.

“Apalagi, akan mempengaruhi hormon. Karena anak-anak sudah remaja dan menjelang dewasa,” kata Andi Syurma.

Menurutnya, gizi dan nutrisi yang tidak seimbang yang diasupi untuk anak-anak, besar pengaruhnya terhadap perilaku buruk mereka dalam sudut pandang sosial. “Maka jagalah keseimbangan gizinya, dengan terpenuhinya karbohidrat, protein dan lemak. Wajib hukumnya hindari makanan yang mengandung tinggi gula dan zat tambahan pada makanan (aditif),” tambah Andi Syurma.

Ia juga menyarankan orang tua proaktif mengawasi gizi dan nutrisi makanan anak-anak mereka. Teermasuk rajin berkonsultasi dengan dokter anak untuk tumbuh kembangnya. (*)

News Feed