English English Indonesian Indonesian
oleh

Perajin Kursi dari Kandea, Keahlian Turun-Temurun

FAJAR, MAKASSAR-Melihat perajin kursi di Kandea, Kecamatan Tallo, Kota Makassar. Salah satunya, Bahar Mario telah menjadi seorang pengerajin kursi selama lebih dari 20 tahun lebih.

Dia menghasilkan berbagai model kursi, termasuk model kursi kerang, minimalis, cangkir, dan lainnya, dengan kisaran harga antara 5 juta hingga 8 juta per set, tergantung pada model dan kualitas bahan.

Setiap set kursi memerlukan waktu satu minggu hingga dua minggu untuk selesai, dan terkadang mereka menerima pesanan hingga 3 set sekaligus. Mereka juga mendapatkan pasokan bahan dari beberapa tokoh selama proses produksi.

Perajin kursi ini berlokasi di Jalan Kandea 3 Lorong 6 Nomor 22, Kecamatan Tallo, Kota Makassar ini dapat dihubungi melalui nomor telepon 082190189244. Di Kelurahan Bunga Eja Beru ini juga terdapat sejumlah perajin kursi lainnya.

Awalnya, Bahar Mario mulai berkecimpung dalam bisnis ini bersama teman-temannya di sekitar Tinumbu. Ia menyatakan bahwa bisnis ini telah menjadi bagian dari tradisi keluarganya, turun temurun, dari generasi ke generasi.

Jadi, Bahar bersama dengan perajin lainnya di Bunga Eja Beru, merupakan bagian dari industri kursi yang berpengalaman dan berakar dalam tradisi keluarga mereka. (*)

News Feed