English English Indonesian Indonesian
oleh

Manfaat Menakjubkan Air Alkali, Dari Menurunkan Kolestrol hingga Jaga Kesehatan Tulang

MAKASSAR, FAJAR — Pernah dengar air alkali? Ya, air alkali merupakan salah satu jenis air mineral dengan tingkat keasaman atau PH di atas 8. Air alkali juga biasa disebut sebagai air untuk terapi kesehatan.

Minum air yang sifatnya basa diyakini para ahli dapat memengaruhi pH tubuh. Semakin tinggi pH tubuh (basa), maka semakin baik. Selain itu, air dengan pH 8+ biasanya mengandung mineral alkali dan ORP negatif.

ORP atau oxidation reduction potential sebagaimana dilansir dari alodokter merupakan kemampuan air untuk bertindak sebagai antioksidan. Semakin negatif nilai ORP, maka semakin banyak kandungan antioksidan di dalam air minum tersebut. Nah berikutnini beberpa manfaat dari minum air alkali.

  1. Menjaga hidrasi tubuh
    Menurut studi yang dimuat dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition pada 2016, tingkat kekentalan darah pada orang yang minum air alkali cenderung menurun hingga 6,3% dibandingkan orang yang meneguk air minum biasa. Itu berarti orang yang minum air dengan pH basa atau pH 8+ memiliki darah yang lebih cair, sedangkan orang yang minum air biasa mempunyai darah yang lebih kental.
  1. Menetralkan kelebihan asam dalam tubuh
    Manfaat air alkali yang tak kalah menakjubkan adalah menjaga keseimbangan pH dalam tubuh. Jika Anda sering sakit kepala, mual, atau muntah karena dehidrasi, kandungan pH basa ini bisa membantu menetralisir kelebihan asam dalam tubuh. Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of the International Society of Sport Nutrition pada 2010 berhasil membuktikannya. Penelitian itu melibatkan 38 peserta yang terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok yang minum air alkali dan air putih biasa.
  1. Bantu mengendalikan tekanan darah dan gula darah
    Para ahli asal Shanghai mengungkapkan bahwa manfaat air alkali bisa dirasakan oleh orang yang punya diabetes, hipertensi, hingga kolesterol tinggi. Hasil temuan ini pun telah diterbitkan di Shanghai Journal of Preventive Medicine pada 2010. Penelitian tersebut melibatkan 3 kelompok peserta, yaitu penyandang hipertensi, kadar gula darah tinggi, dan kolesterol tinggi. Kemudian, semua peserta diminta untuk minum air terionisasi alkali selama 3 – 6 bulan dan dilihat perkembangannya. Hasilnya cukup mengejutkan. Setelah rutin minum air dengan pH basa, kadar gula darah, tekanan darah, dan lipid (lemak) darah menurun secara drastis. Bahkan, air jenis ini membuat semua hasil pengukuran menjadi kembali normal.
  1. Menjaga kesehatan tulang
    Siapa sangka bahwa minum air dengan pH basa 8+ alias alkali bisa menjaga kesehatan tulang? Hal ini diungkapkan oleh studi dalam jurnal Bone pada 2009 yang menemukan efek air alkali dengan resorpsi tulang. Para ahli menemukan bahwa air minum dengan pH 8+ kaya akan bikarbonat dan mineral kalsium. Dua kandungan tersebut bermanfaat untuk membantu menghambat proses resorpsi tulang sehingga tulang Anda tetap kuat dan sehat.

Tingginya manfaat air alkali membuat banyaknya produsen yang memproduksi minuman kesehatan tersebut. Di antarana HPlus.

Direktur Pemasaran Hplus, H. Sumirlan mengatakan, permintaan air mineral Hplus terus alami peningkatan. Respons pasar yang bagus menjadi bukti Hplus telah menjadi saah satu produk yang dibutuhkan masyarakat saat ini. Selain utuk terapi kesehatan, Hplus sangat disarankan untuk konsumsi harian.

Sumirlan menerangkan bahwa dirinya mendapatkan banyak testimoni dari manfaat yang didapatkan dari konsumsi HPlus. “Yang sudah konsumsi banyak dari berbagai kalangan. Ada yang gunakan untuk terapi hingga konsumsi harian. Ada juga yang awalnya coba-coba setelah dia konsumsi rutin, dia rasakan betul manfaatnya dan kini aktif minum alkali dari HPlus,” kata dia.

Permintaan HPlus diakui Sumirlan sangat tinggi. Bahkan permintaan pasar itu, membuat pihak manajemen HPlus harus melakukan produksi massal di pabrik yang terletak di Maros. “Kita lihat mulai tumbuh kesadaran akan pentingnya kesehatan. Dan HPlus hadir untuk menjawab itu. Efek jangka panjang dengan tubuh fit menjadi alasan HPlus banyak dimintai,” ucap dia.

News Feed