English English Indonesian Indonesian
oleh

Andi Fauzan Pameran Foto #BuangSembarangan, Sebuah Kekhawatiran Mengenai Masalah Sampah

FAJAR, MAKASSAR-Fotografer asal Makassar, Andi Fauzan menggelar pameran fotografi bertema #BuangSembarangan selama dua hari pada 26-27 Agustus 2023, dalam rangka acara Pagelaran Makassar International Eight Festival 2023 (F8 Makassar).

Tema #BuangSembarangan merupakan hasil dari proyek yang fokus pada isu iklim dan lingkungan. Melalui pameran ini, Andi Fauzan ingin menyampaikan pesan penting tentang dampak berantai dari kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan yang masih menjadi masalah di masyarakat.

Pada hari pertama pameran, acara dimulai dengan pengenalan karya #BuangSembarangan oleh penyelenggara pameran, Andi Fauzan, yang juga berkolaborasi dalam instalasi lukis bersama Nabiel Neezar.

Keesokan harinya, pameran dilanjutkan dengan sebuah talkshow berjudul “Maccarita: Diskusi Iklim, Pentingnya Kebijakan Publik, dan Peran Media dalam Pelestarian Lingkungan.” Talkshow ini dipandu oleh Ketua Serikat Hijau Indonesia Daerah Sulawesi Selatan, Rizal Pauzi, yang juga merupakan Dosen Ilmu Administrasi Publik di Universitas Hasanuddin, serta melibatkan Andi Fauzan sebagai penyelenggara pameran #BuangSembarangan.

Andi Fauzan menjelaskan, tujuan dari pameran #BuangSembarangan sebenarnya adalah untuk mengekspresikan kekhawatiran pribadi saya mengenai masalah sampah. “Dampak berantai dari kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan ini perlu dikampanyekan secara luas kepada masyarakat agar mereka menyadari bahwa ini adalah isu yang tidak bisa diabaikan,” ungkapnya.

Ketua Serikat Hijau Indonesia Sulsel, Rizal Pauzi menyampaikan apresiasinya terhadap pameran #BuangSembarangan ini. Ia mengatakan, pameran ini menunjukkan bahwa gerakan lingkungan tidak harus dimulai dengan hal-hal besar, melainkan dari kebiasaan-kebiasaan kecil sehari-hari yang sering diabaikan. “Karya-karya yang dipamerkan sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari. Meskipun sederhana, pesannya sangat kuat. Karya Andi Fauzan sangat bagus dan kita tunggu karya-karya epik berikutny,” ujarnya. Kegiatan pameran #BuangSembarangan diakhiri dengan diskusi iklim serta pemberian hadiah bagi peserta dialog. (*)

News Feed