English English Indonesian Indonesian
oleh

SMP Plus Al-Ashri Membangun Semangat Nasionalisme melalui Lomba-Lomba

FAJAR, MAKASSAR-Memperingati HUT RI ke-78, SMP PLUS AL-ASHRI salah satu instansi yang memanfaatkan momentum ini dengan sangat antusias dan sarat euforia.

Bekerja sama dengan pihak OSIS, SMP PLUS AL-ASHRI mengadakan upacara pembukaan yang dilaksanakan di lapangan yang berlokasi di Telkomas, Makassar pada hari Kamis, 10 Agustus 2023 dengan melibatkan Sekolah Keputrian Hayyin.

Kali ini, upacara dibuka langsung oleh ketua Divisi SIT AL-ASHRI, yakni Harianti Tahera, S.Sos, S,Pd. Para peserta upacara mengikuti upacara dengan khidmat dan penuh keharuan, mengingat Indonesia kita sudah mendekati satu abad.

Rosita Rusli selaku ketua panitia semarak HUT RI tahun ini menuturkan bahwa pihak sekolah dan OSIS menggelar berbagai perlombaan yang dilakukan antar kelas. Adapun perlombaan yang ditetapkan terdiri atas lomba outdoor dan indoor.

Untuk lomba outdoor yakni basket, bulu tangkis, futsal, lari estafet, dan tarik tambang. Sedangkan untuk lomba indoor, yakni Cerdas Cermat Kewarganegaaran (CCK), debat tema ‘Kebangsaan’, dan display kelas.

“Seluruh siswa turut berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan mengikuti lomba berdasarkan passion-nya. Perlombaan kali ini sangat sengit, karena untuk beberpa cabor sendiri siswa diperlombakan tanpa mengklasifikasikan levelnya. Artinya, ada kesetaraan antara siswa kelas 7, 8, dan 9. Dan yang lebih menakjubkan hingga hari ini, bahkan untuk cabor tertentu seperti lari estafet dimenangkan oleh kelas VII Hafsah yang notabene masih junior. Namun, untuk perlombaan yang mengutamakan kematangan berpikir dilaksanakan secara perlevel seperti CCK.”

Hasil sementara dari kegiatan ini kelas IX Ruqayyah masih memimpin barisan, diikuti oleh VIII Ummu Habibah, dan IX Fatimah Az-Zahra.

Puncak kegiatan tepat pada tanggal 17 Agustus nanti karena setelah pelaksanaan upacara dan pawai, akan dilanjutkan pengumuman para pemenang pada setiap bidang lomba yang dilaksanakan. Perayaan tahun ini berlangsung meriah dan menjadi konsumsi publik, khususnya warga Telkomas yang turut menjadi tim suporter.

Di sela-sela kesibukan Ketua Divisi SIT Al-Ashri mengungkapkan bahwa sebenarnya prioritas momen ini bukan sekadar mencari juara 1, 2, dan 3. Namun, tujuan utamanya yaitu untuk menumbuhkan jiwa dan semangat nasionalisme siswa sebagai penerus bangsa.

Melalui rantai-rantai perlombaan yang diatur oleh panitia selain untuk membangkitkan semangat berprestasi, juga untuk menguatkan hubungan kekeluargaan antar siswa yang dapat menciptakan suasana kebersamaan sebagai dasar menuju persatuan bangsa.

Cabor yang diperlombakan memang memiliki benang merah untuk membangun karakter para siswa. Dalam hal ini, menumbuhkan jiwa sportif, semangat gotong royong, jujur, kreativitas, berakhlakul karimah, dan mental yang kuat.

Hal ini sejalan dengan tujuan pengimplementasian kurikulum merdeka, yakni membentuk generasi cerdas, tangguh, dan berkarakter Jadi, bisa dilihat langsung respon siswa. Alih-alih menunjukkan rasa lelah, seluruh siswa justru tertawa dalam peluhnya. Meskipun ada kekecewaan yang tergambar bagi tim yang kalah, namun mereka tetap berlapang dada dan sportif untuk membina ukhuwah.

Setiap manusia adalah guru. Setiap ruang adalah kelas. Dan setiap pengalaman adalah pelajaran yang tidak ternilai. Berangkat dari tema Terus Melaju untuk Indonesia Maju, seluruh Siswa SMP PLUSAL-ASHRI dan Sekolah Keputrian Hayyin diharapkan mampu menjadi generasi yang berkualitas. Tidak hanya menjadi sosok penerus, tetapi sosok pelurus bangsa yang mampu membawa Tanah Pertiwi kita ke puncak keemasan. (*)

News Feed