English English Indonesian Indonesian
oleh

Unhas Adakan Symposium Sains Wallacea, Menghormati 200 Tahun Kelahiran Alfred Russel Wallace

Symposium 200 tahun Wallace inisiasi UNHAS dan AIPI akan menjadi panggung bergengsi untuk merayakan karya Wallace dan meneruskan semangat penelitiannya. Acara ini akan menyajikan serangkaian presentasi ilmiah oleh para ilmuwan terkemuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan alam.

Diskusi panel dan sesi tanya jawab akan memberikan peluang bagi peserta untuk mendalami pemahaman tentang evolusi, keanekaragaman hayati, dan kontribusi Wallace. Selain itu juga akan diadakan pameran foto serta diskusi buku yang semuanya terkait Wallace.

Acara ini juga menawarkan pengalaman lapangan unik dengan “Menelusuri Jejak Kaki Alfred Russel Wallace di Maros”. Peserta akan memiliki kesempatan untuk mengikuti jejak langkah Wallace saat ia menjelajahi karst kapur Maros pada tahun 1857. Bagaimana Wallace mengumpulkan spesimen dan meresapi kekayaan alam yang mengilhami teorinya.

Kegiatan tersebut disampaikan Kabag Humas Unhas, Dr Ahmad Bahar bersama panitia kegiatan, Khaeruddin (sekretaris) dan
Khairil Anwar (media relation) saat berkunjung di Redaksi FAJAR, Rabu, 9 Agustus 2023.

Terpisah, Ketua Panitia, Siti Halimah Larekeng mengatakan, kegiatan ini akan menjadi perayaan ilmiah yang menggabungkan pemikiran masa lalu dengan penelitian terbaru dalam evolusi dan ilmu hayati. “Kegiatan ini diinisiasi oleh Unhas dan AIPI untuk menjadi forum pertukaran informasi hasil riset terkini di bidang biodiversitas khususnya di Kawasan Wallacea,” ungkapnya.

Ima –sapaan akrabnya berharap ke depannya dapat memberikan kesadaran akademis tentang pentingnya geologi dan biologis wilayah Wallace. Selain itu, dosen Fakultas Kehutanan ini juga menegaskan pentingnya kolaborasi di bidang akademik.

News Feed