English English Indonesian Indonesian
oleh

Atraksi Sukhoi di Jalan Sehat Anti Mager, Benny Arfan: Kami Ikut Meriahkan HUT Ke-354 Sulsel

FAJAR, MAKASSAR-Dua pesawat Sukhoi milik TNI AU atraksi dengan menyemburkan asap. Itu membuat peserta Jalan Sehat Anti Mager yang diadakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel sebagai rangkaian perayaan HUT Sulsel ke-354 takjub. Atraksi Sukhoi ini pun semakin memeriahkan jalan sehat anti mager tersebut.

Komandan Lanud (Danlanud) Sultan Hasanuddin, Marsma TNI Benny Arfan menjelaskan, keikutsertaan pesawat Sukhoi TNI AU itu karena permintaan Gubernur kepada Panglima TNI untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Sulsel yang ke-354 dan dalam rangka 78 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. “Kemudian itu diizinkan oleh Panglima TNI. Karena harapan kita adalah agar Dirgantara kita makin dikenal masyarakat Sulsel,” ujarnya.

Kata dia, ikut sertanya pesawat Sukhoi juga menjadi bagian promosi kegiatan Angkatan Udara (AU). “Itu murni terkait HUT Sulsel,” tegasnya.

Benny menyebutkan, setelah ada izin dari Panglima TNI dan pesawat Sukhoi pada hari yang sama melaksanakan misi operasi pengamanan udara untuk jalur ALKI. “Kemudian, pulangnya kita lewat situ karena memang Makassar kan dekat sama Bandara. Jadi memang untuk memeriahkan HUT Sulsel dengan puncak jalan sehat Anti Mager,” bebernya.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan menggelar Anti Mager terbesar yang pernah diselenggarakan selama masa jabatan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman. Sebanyak ratusan ribu peserta memadati giat tersebut.

Agenda ini merupakan salah satu rangkaian dari perayaan HUT Sulsel ke-354 tahun. Data dari panitia HUT Sulsel, sebanyak 399.133 orang mendaftarkan diri baik melalui online maupun offline. “Belum termasuk masyarakat yang hadir bersama keluarga atau yang tidak sempat daftar tetapi mengikuti Anti Mager,” kata Ketua Panitia HUT Sulsel, Ahmadi Akil.

Hadir dalam kegiatan itu Menteri Pertahanan RI Prabowo dan Ketua IKA Unhas Andi Amran Sulaiman yang hadir bersama Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman melepas peserta Jalan Sehat Sulsel Anti Mager 2023 dalam rangka 354 Tahun Sulsel dan dalam rangka 78 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilepas start di depan Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Minggu, 6 Agustus.

Anti Mager menempuh jarak 5 km lebih dengan rute start depan Rujab – Jalan Jenderal Sudirman – Jalan Haji Bau – Jalan Penghibur – Jalan Ujung Pandang – Jalan Riburane – Jalan Ahmad Yani – Jalan Sudirman – dan finish depan Rujab. (*/ham)

News Feed