English English Indonesian Indonesian
oleh

Aliyah Mustika: Jangan Tergiur Bujuk Rayu Calo Rekrutmen PMI Nonprosedural

MAKASSAR, FAJAR — Maraknya penipuan lowongan pekerjaan keluar negeri menjadi perhatian serius bagi Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham.

Apalagi tidak sedikit masyarakat yang berharap menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang menjadi korban.

“Khususnya di Sulawesi Selatan, kami menggandeng Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI)
melindungi masyarakat dari mafia rekrutmen PMI nonprosedural untuk bekerja di luar negeri,” tegas Legislator Demokrat ini.

Aliyah menjelaskan, hal ini dimaksimalkan melalui sosialisasi peluang kerja ke luar negeri dan proses migran secara aman kepada warga, khususnya pencari kerja di Sulsel.

Tidak hanya itu, Aliyah juga mengingatkan ke masyarakat, untuk tidak gampang percaya informasi perekrutan yang biasanya digencarkan para calo.

“Bagi Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) di Sulsel khususnya di Makassar, jangan mudah tergiur dengan bujuk rayu para calo yang menawarkan pekerjaan di luar negeri tanpa melalui prosedur yang resmi,” jelas Aliyah.

Untuk itu, melalui sosialisi yang bertajuk edukasi ini diharapkan bisa menjadi ladang informasi yang resmi bagi masyarakat yang merencanakan kerja di luar negeri, sehingga tentunya PMI bisa bekerja dengan aman.

Sosialisasi bertajuk edukasi ini, juga dihadiri Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar, Nielma Palamba, Direktur Perlindungan dan Pemberdayaan Kawasan Eropa dan Timur Tengah, Brigjen Pol Dayan Victor Imanuel Blegur dan Kepala BP2MI Sulsel, Suratmi Hamidah serta puluhan CPMI yang berlangsung di Hotel Ramedo Makassar, Jumat, 28 Juli 2023.(maj)

News Feed