English English Indonesian Indonesian
oleh

Tim PKM Pascasarjana UNM Latih Guru di Majene Tingkatkan Keterampilan Digital

FAJAR, MAKASSAR-Program Pascasarjana (PPS) Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Majene, Sulawesi Barat (Sulbar). Kegiatan PKM ini fokus untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para guru dalam memanfaatkan teknologi digital berbasis gamifikasi.

Kegiatan ini digelar pada 8 Juni lalu. Pembukaan kegiatan dipusatkan di aula Disdikpora Majene yang dihadiri Asisten Direktur III Pascasarjana UNM Prof Dr Syukur Saud, M.Pd dan Pelaksana tugas (Plt) Kadis Dikpora Majene, Suardi.

Program ini dilaksanakan oleh Saparuddin S.Pd.,M.Pd selaku Ketua Tim Pengabdi dan Prof Dr Firdaus Daud serta Andi Citra Pratiwi selaku pemateri pada kegiatan ini. Kegiatan ini juga melibatkan dua orang mahasiswa PPS sebagai tim pelaksana, yakni Intan Marsuki dan Indah Maisarah.

“Salah satu kegiatan PKM PPS UNM ini berfokus pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan kelompok guru di Kabupaten Majene dalam pemanfaatan media evaluasi digital berbasis gamifikasi,” ungkap Andi Citra Pertiwi kepada wartawan, Kamis (13/07/2023).

Andi Citra menuturkan kegiatan pengabdian yang diikuti 20 orang guru SMP ini bertemakan Pelatihan Pengembangan Media Evaluasi Digital Berbasis Gamifikasi bagi Kelompok Guru di Kabupaten Majene. Pihaknya berharap keterampilan guru dalam memanfaatkan media evaluasi digital berbasis gamifikasi bisa ditingkatkan lewat pelatihan ini.

“Sehingga dapat memberi dampak positif bagi peningkatan kualitas pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas,” tambahnya.

Menurutnya, guru yang memiliki keterampilan yang baik dalam memanfaatkan teknologi digital berbasis gamifikasi dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. Sehingga peserta didik dapat menjadi lebih termotivasi mengikuti proses pembelajaran di kelas.

“Kegiatan PKM ini merupakan wujud upaya PPS Universitas Negeri Makassar dalam mendukung peningkatan kompetensi digital guru yang akan berujung pada peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Majene,” tukasnya. (*)

News Feed