English English Indonesian Indonesian
oleh

Pascagempa Bantul, PLN Pulihkan Sistem Kelistrikan dan Bantu Warga Terdampak

FAJAR, YOGYAKARTA — Pascagempa bermagnitudo 6,6 SR dengan episentrum Bantul, DI Yogyakarta, pada Jumat, 30 Juni, PLN bergerak cepat.

PLN memulihkan sistem kelistrikan dan bantu masyarakat terdampak. Pada Sabtu, 1 Juli pukul 03.40 WIB, aliran listrik pada lebih dari 34 ribu pelanggan terdampak gempa di Pantai Selatan Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur telah kembali menyala kurang dari delapan jam.

Tidak hanya berdampak ke kelistrikan, gempa juga mengakibatkan 263 bangunan mengalami kerusakan. Dari jumlah tersebut terdapat tiga rumah yang dikategorikan mengalami kerusakan sedang berat, dan lima rumah mengalami kerusakan sedang.

Melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli dan Yayasan Baitul Maal (YBM) memberikan bantuan berupa renovasi untuk delapan rumah dan 250 paket sembako bagi warga terdampak. Salah satu dari penerima bantuan adalah Ponem (80), warga Dusun Bangen, Bangunjiwo, Kabupaten Bantul.

Ponem, atau yang kerap disapa Mbah Ponem tinggal seorang diri di rumahnya yang mengalami kerusakan cukup parah. Terutama di dapur semi permanen miliknya yang terbuat dari batako. Ia menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan PLN.

“Dapur batakonya ambruk. Alhamdulillah, rumah bagian depan tidak apa-apa, listriknya juga kemarin tidak mati kok. Maturnuwun PLN sudah hadir membantu, semoga menjadi berkah untuk kita semua,” ucap Mbah Ponem.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, prioritas pertama PLN adalah melakukan pengamanan aset kelistrikan agar tidak membahayakan warga. Kemudian dengan cepat petugas akan lakukan penormalan jaringan listrik dan membantu dalam bentuk renovasi rumah dan paket sembako.

News Feed