English English Indonesian Indonesian
oleh

Strategi Perbankan Hadapi Risiko (1)

Caranya, dengan menerpakna 5 komponen COSO yang didukung oleh 20 prinsip dasar. Terdiri dari aspek, Governance and culture dengan 5 prinsip praktisnya, Strategy and Objective setting dengan 4 prinsip, Performance dengan 5 prinsip, Review and revision dengan 3 prinsip, dan Information, Communication, and reporting dengan 3 prinsip.

Terkait dengan implementasi pendekatan COSO pada sector jasa keuangan, khususnya perbankan itu dapat diterjemahkan kedalam beberapa langkah strategis yang perlu dilakukan secara bersama oleh para pemangku strategis dengan core atau faktor penentunya, people/SDM dalam organisasinya secara bersinergi dan berkolaborasi, jadi bukan secara parsial (silo-silo).

Semuanya didasarkan pada visi, misi, kebijakan, strategi, dan program kerja dari masing-masing pihak pelaksanan fungsional, melalui penerapan kerangka kerja logis dari system manajemen yang dikenal sebagai G.R.C (Governance, Risk Management, and Complience).

Manfaatnya, sebagai upaya praktis untuk menghadapi berbagai kondisi perubahan di dunia VUCA, TUNA, dan BANI beserta beragam risikonya (Risiko operasional, likuiditas, kredit, pasar, reputasi, strategis, kepatuhan, dan risiko hukum). Bersambung

News Feed