English English Indonesian Indonesian
oleh

Penyandang Disabilitas asal Bone Wakili Sulsel di Ajang BEMnus, Mensos Beri Apresiasi

FAJAR, BONE — Muhammad Ilham Hidayat jadi salah satu perwakilan Sulsel di ajang nasional BEM Nusantara (BEMnus) XIV di Universitas Malahayati Lampung (UML) Kamis, 22 Juni 2023.

Di tengah keterbatasan fisiknya, Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Furqan Makassar itu tak pernah menyurutkan semangatnya menuntut ilmu.

Ilham merupakan penyandang disabilitas yang memiliki ganguan penglihatan sejak lahir. Pria kelahiran Kabupaten Bone ini berstatus mahasiswa semester enam di STAI Al-Furqan Makassar.

Pada pertemuan tersebut, ia mendapatkan kesempatan langsung berinteraksi dengan Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini yang turut hadir.

Mensos memberikan motivasi, sebab di tengah keterbatasan fisiknya, Ilham mampu membuktikan hal itu bukan menjadi penghalang untuk meraih prestasi. Bahkan ia mampu menjadi seorang Ketua Dema.

“Kami bangga. Adik bungsu kami ini tetap bisa membuktikan bahwa dia bisa berprestasi,” ucap kakak kandung Ilham, Herman yang merupakan Anggota DPRD Bone itu.

Yang menjadi spesial pada pertemuan tersebut, sebab adiknya mampu berinteraksi langsung dengan Mensos.

“Ibu Mensos memberikan pertanyaan, dan adik saya yang menjawab. Ibu Mensos kagum karena adik saya disabilitas, tetapi memiliki semangat yang tinggi. Makanya diberikan semangat sama Ibu Risma,” ujarnya.

Legislator PAN Bone ini menambahkan, sejak awal masuk kuliah hingga semester enam tahun ini, Ilham selalu memperoleh IPK 4,0. Padahal ia tidak bisa menulis dan membaca. Makanya Ilham membutuhkan bantuan asisten untuk membacakan materi kuliah, untuk dihafalkannya.

News Feed