English English Indonesian Indonesian
oleh

Tingkatkan Literasi, Perpusnas RI-Pemkab Bone Dorong Pembukaan Perpustakaan ke Desa Terpencil

FAJAR, BONE-Upaya mendorong peningkatan indeks literasi masyarakat di Kabupaten Bone. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpunas RI) bersama pemerintah Kabupaten Bone mendorong penyediaan ruang baca hingga desa terpencil.

Diketahui Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpunas RI) bersama Pemerintah Kabupaten Bone melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bone melaksanakan kegiatan peningkatan indeks literasi masyarakat untuk kesejahteraan di Kabupaten Bone, di Hotel Novena, Sabtu, 17 Juni 2023.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bone A Yuliati kegiatan ini terlaksana atas kolaborasi Perpustakaan Nasional bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bone untuk mendorong tumbuh kembangnya masyarakat menjadi pusat literasi.

“Kita juga memberikan penghargaan ke desa yang mengembangkan perpustakaan desa, serta media massa yang turut mempublikasikan terkait program literasi,” katanya.

Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi menuturkan hingga saat ini sudah ada 90 desa di Kabupaten Bone yang sudah ada perpustakaannya namun itu belum memenuhi standar

“Ini yang kita dorong secara teknis, kita berharap semua desa nanti ada perpustakaan bahkan bisa menjangkau hingga desa terpencil yang ada di Kabupaten Bone,” ucapnya.

Pihaknya juga senantiasa mendorong bagaimana perpustakaan ini bisa memenuhi standar, namun hal itu harus di back up anggaran yang bagus.

“Makanya kita berharap ada kolaborasi dan stimulasi bagi desa untuk membuka perpustakaan maknya setiap tahun anggaran setiap desa menyiapkan anggaran untuk perpustakaan desa itu, paling tidak tempat baca dan ruang baca untuk masyarakat disana,” katanya.

News Feed