English English Indonesian Indonesian
oleh

Dosen UNM Terpilih Mengikuti Pelatihan BIPA

MAKASAR, FAJAR– Andi Sahtiani Jahrir dan Idawati Garim, dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI) Universitas Negeri Makassar (UNM) terpilih mengikuti Bimbingan Teknis Penulisan Bahan ajar Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) 2023 di Hotel Ibis Styles Makassar, Senin-Kamis, 14-17 Mei 2023.

Pelatihan ini diselenggarakan Balai Bahasa Sulawesi Selatan. Peserta yang terpilih merupakan hasil seleksi bimtek penyusunan bahan ajar BIPA melalui akun Instagram Balai Pustaka Sulawesi Selatan. Peserta mendapatkan berbagai jenis pelatihan dari beberapa narasumber.

“Semua peserta dibekali kemampuan kebahasaan, kemampuan memahami modul terkait dengan kemampuan pengetahuan mahasiwa asing,” jelas Sahtiani di Hotel Ibis Styles, Makassar, Selasa, 16 Mei 2023.

Hal tersebut dipertegas Idawati, rekan Sahtiani sesama dosen UNM. Selama pelatihan, peserta mendapatkan materi, diskusi, dan revisi bahan ajar BIPA. “Ada banyak materi yang bisa diakomodir dalam proses pembelajaran di kampus tapi untuk sekarang fokus pada penyususnan bahan ajar untuk penutur asing,” tambah Ida, panggilan akrab Idawati.

Pelatihan ini sangat diapresiasi Sahtiani karena menunjukkan Balai Bahasa serius dalam mendukung program kerja internasionalisasi Bahasa Indonesia sebagai bahasa asing ke kancah dunia.

“Dengan adanya pelatihan ini, juga meningkatkan pemahaman dan pengetahuan dosen untuk menyusun berbagai bahan ajar bukan hanya untuk mahasiswa Indonesia, tapi juga bahan ajar untuk mahasiswa asing dalam berbahasa Indonesia,” lanjutnya.

News Feed