English English Indonesian Indonesian
oleh

Bahan Ajar BIPA Disusun di Makassar, Libatkan Bolasugi dan Unhas

MAKASSAR, FAJAR—Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan Bimbingan Teknis (bimtek) Penyusunan Bahan Ajar BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing), di Hotel Ibis Style Makassar, Minggu-Rabu, 14-17 Mei 2023 . 

Kegiatan ini merupakan salah satu program Balai Bahasa yang berkaitan dengan penyediaan fasilitas bahan ajar BIPA. Bimtek ini dibuka oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Ganjar Harimansyah. Dalam sambutannya, Beliau mengharapkan agar bahan ajar yang akan dihasilkan dalam kegiatan bimtek ini, dapat menjadi salah satu referensi dalam pengajaran BIPA.

Peserta kegiatan ini sebanyak 30 orang yang terdiri dari dosen baik perguruan tinggi negeri maupun swasta, guru SD-SMA, mahasiswa, dan pegiat BIPA yang sebelumnya telah diseleksi berdasarkan penilaian naskah bahan ajar yang dikumpulkan pada saat melakukan pendaftaran.

Andi Herlina, S.S., M.Pd., selaku ketua panitia pelaksana kegiatan ini menyampaikan bahwa kegiatan bimtek ini bertujuan menghasilkan bahan ajar BIPA yang bermuatan lokal daerah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Lebih lanjut, perempuan yang juga menjabat Kordinator KKLP BIPA Balai Bahasa Sulsel itu mengatakan, penyusunan bahan ajar BIPA bermuatan lokal baru pertama kali dilakuan, “Kegiatan ini baru pertama kali dilakukan, tahun lalu itu ada bimtek untuk para pengajar BIPA, baru tahun ini penyusunan bahan ajar BIPA yang bermuatan lokal,” jelasnya.

Peserta bimtek ini dibimbing dan didampingi langsung oleh para narasumber yang berasal dari APPBIPA, Sekolah Bahasa Bolasugi, Universitas Muhammadiyah Makassar dan Pusat Bahasa Unhas.

News Feed