English English Indonesian Indonesian
oleh

Balai Bahasa Beri Bimtek Penulisan Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing

FAJAR, MAKASSAR-Dr. Inriati Lewa, M.Hum. diundang sebagai pemateri Bimbingan Teknis Penulisan Bahan Ajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) tahun 2023 oleh Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Ibis Style Makassar, 14-17 Mei 2023.

Inriati Lewa yang dikenal sebagai dosen Sastra Indonesia dan Pengajar BIPA di Pusat Bahasa Unhas diundang berbicara selama dua hari. Tepatnya, di hari kedua Bimtek, Inriati Lewa membawakan materi selama dua sesi tentang Struktur Isi, Teks Bacaan, dan Kosakata dalam Bahan Ajar BIPA.

Para peserta yang berjumlah 30 orang begitu antusias menerima dan menyimak materi yang dipaparkannya. Para peserta yang mengikuti Bimtek ini dari berbagai kalangan, mahasiswa, guru, dosen, pegiat literasi, sampai pegiat BIPA sendiri.

Lalu di hari ketiga Bimtek, Inriati Lewa dipercaya untuk mengoreksi Bahan Ajar yang telah ditulis dan disusun oleh para peserta. Mereka yang ikut Bimtek ini sebelumnya telah melalui proses seleksi penulisan Bahan Ajar BIPA yang dikirimkan kepada panitia.

Karya para peserta Bimtek ini setelah melalui rangkaian proses Bimtek akan diterbitkan oleh Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan.

Inriati Lewa sangat mengapresiasi program Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan ini, terlebih lagi Bahan Ajar yang disusun peserta mengangkat topik tentang budaya dan kuliner Sulawesi Selatan. “Bahan Ajar dengan tema spesifik budaya dan kuliner Sulsel ini bagian dari upaya penginternasionalan Bahasa Indonesia dalam program BIPA,” tutur dosen Sastra Indonesia Unhas ini. (*)

News Feed