English English Indonesian Indonesian
oleh

Vale Umumkan Penundaan Proses Rekruitmen hingga Waktu yang Tidak Ditentukan

MALILI, FAJAR — Proses penerimaan tenaga kerja lokal non staff PT Vale Indonesia (PTVI) ditunda hingga waktu yang tidak ditentukan. Pengumuman ini disampaikan Komite Seleksi PT Vale Indonesia, Tbk, Gustaf Ganna Songgo melalui surat resminya, Kamis, 2 Maret 2023.

Gustaf beralasan, penundaan dilakukan untuk waktu kepada seluruh peserta yang telah dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) dari proses tes teknikal untuk mempersiapkan diri lebih baik dalam menghadapi tahapan psikotes. Makanya, tahapan psikotes yang awalnya direncanakan dilaksanakan pada tanggal 4 Maret 2023 ditunda sementara hingga pemberitahuan berikutnya.

Pengumuman penundaan ini direspon oleh Kerukunan Keluarga Malili (KKM), Forum Pemuda Desa Sorowako Bersatu (F-PDSB), Gerekan Pemuda Pasitabe, Karang Taruna Towuti, Pemuda Balambano Peduli Kampung (PBPK) yang tergabung dalam Masyarakat Terdampak Tambang Menggugat.

Menurutnya, ada itikad baik dari pihak manajemen PTVI. “Dengan penundaan ini, bukan berarti hanya waktu luang kepada peserta. Akan tetapi, menjadi evaluasi pihak Vale dalam merespon kegaduhan yang terjadi,” Kata Ketua Divisi Informasi dan Publikasi Kerukunan Keluarga Malili (KKM), Muh Riyad AK.

Olehnya itu sambung Riyad, konsep yang akan dilakukan Vale harus dijabarkan ke masyarakat terlebih dahulu, sebelum mengeluarkan lagi pengumuman jadwal tes selanjutnya. “Jadi harus clear ini masalah. Karena banyak masyarakat merasa dirugikan,” ungkapnya.

Vale tegasnya, harus bertanggung jawab penuh atas kegaduhan yang terjadi di tengah masyarakat. (ans)

News Feed