English English Indonesian Indonesian
oleh

Ratusan Alutista Perang TNI Dipamerkan di Anjungan Pantai Losari

FAJAR, MAKASSAR -Pameran Alutsista dalam rangka HUT ke-77 TNI Tahun 2022 resmi dibuka. Ada ratusan alutista yang ditampilkan, mulai dari senjata tembak hingga kendaraan perang.

Pameren yang dibertempat di Anjungan Pantai Losari Makassar ini akan berlangsung selama lima hari, mulai 30 September sampai 4 Oktober 2022.

Pangdam Kodam XIV/Hasanuddin, Mayjen Totok Imam Santoso, mengatakan, pameran sengaja digelar di pantai Losari karena merupakan taman yang menjadi icon Kota Makassar. Diharapkan dapat menghibur dan mengedukasi masyarakat.

“Ini sengaja dilaksanakan disini karena Pantai Losari adalah icon Kota Makassar, masyarakat makin banyak yang ikut menyaksikan bahkan bisa mengedukasi, syukur-syukur ada nilai cinta yang lebih terhadap NKRI dan ini juga selaras dengan tema kita bahwa TNI ADALAH KITA,” ungkapnya.

Ia menyebut, semua alutista yang tampilkan lengkap. Mulai dari milik Angkatan Darat, Laut hingga Udara. “Jadi semua kita kumpul, kita gelar di sini biar masyarakat tahu,” sambungnya.

Lebih lanjut jenderal bintang dua ini menuturkan bahwa TNI juga rakyat, apa yang dilakukan jelas untuk rakyat katena semua dari rakyat.

“Biar rakyat juga tahu bahwa ini alutsista TNI, biar mereka juga bangga dan harapan kami juga bisa mengedukasi dan mereka juga bangga bahwa TNI juga punya alat yang bagus,” tambahnya yang memberikan sambutan dalam acara pembukaan pameran, kemarin.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menuturkan dirinya tidak pernah ragu dengan alat tempur milik TNI. Ia meyakini bahwa pertahanan paling kuat adalah TNI manunggal dengan rakyat.

“Saya tidak pernah meragukan alat tempur kita, dulu saja melawan penjajah menggunakan bambu runcing bisa menang lawan penjajah, sekarang di bekali alat yang canggih, sehingga TNI bisa canggih 1.000 kali lipat dapat menaklukkan mereka, karena saya yakin mental TNI manunggal rakyat artinya ada TNI yang selalu berbaur dengan rakyat dan itulah pertahanan yang paling kuat kita,” tuturnya.

Ia pun berharap, lewat pameran ini masyarakat yang melihat dapat menumbuhkan semangat di hari bersejarah 30 September bagi TNI.

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Danny Pomanto disaat membuka secara resmi pelaksanaan pameran mengaku terhormat bisa berdiri dengan pimpinan TNI dan Polri.

Sebagai penanggungjawab kota, ia atas nama rakyat Kota Makassar mengucapkan terima kasih kepada Pangdam dan jajaran TNI dan Polri yang bersatu padu menjaga kota, menjaga bangsa, terutama pada saat masa susah, seperti pandemi yang mulai terkendali.

“Sita bisa menjadi kondisi yang lebih baik daripada negara-negara dunia, selamat ulang tahun kepada TNI yang begitu dicintai oleh rakyat, TNI adalah kita, TNI adalah rakyat, TNI selaku menjadi idaman rakyat,” ucapnya.

“Insha Allah di ulang tahun yang ke-77 ini TNI akan selalu menjadi bagian penting bagi rakyat di seluruh Indonesia dan khusus bagi masyarakat Makassar akan dapat sajian untuk melihat teknologi persenjataan baik yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat, Laut, Udara dan Kepolisian,” tandasnya. (maj)

News Feed