English English Indonesian Indonesian
oleh

Ritual Sakral dari Posi Tanah di Kajang, Andi Rahmat Sahib Jadi Pemangku Adat

Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf juga hadir menyaksikan kegiatan adat tersebut. Dengan mengenakan pakaian hitam lengkap dengan Pass’apu -ikat kepala khas Kajang. Ia menyampaikan selamat kepada Andi Rahmat sebagai Labbiria baru.

Dia berharap, lewat pelantikan ini, Andi Rahmat bisa menjadi jembatan anatara pemerintah dan masyarakat adat. “Tentu jabatan ini sangat strategis, oleh karena memiliki fungsi menjembatani atau memfasilitasi urusan dan kepentingan kedua belah pihak, antara Pemerintah Kabupaten Bulukumba dengan masyarakat Adat Ammatoa Kajang,” kata Andi Utta sapaan akrab Bupati.

Olehnya itu, sebagai Karaeng Kajang atau Labbiria, maka Andi Rahmat Sahib, menurut Andi Utta, bertanggung jawab dalam hal pemerintahan dan pembangunan sosial serta kemasyarakatan seiring dengan ketentuan Pasang dan sepanjang tidak bertentangan dengan keputusan Ammatoa.

Menurutnya, salah satu faktor yang menjadikan Kabupaten Bulukumba dikenal dan menarik oleh pelbagai kalangan karena keberadaan komunitas masyarakat adat Ammatoa. “Kajang sampai hari ini masih mempertahankan tradisi atau budaya leluhurnya, di tengah era modernisasi saat ini,” tuturnya. (akb/ham)

News Feed