English English Indonesian Indonesian
oleh

Ini Pesan Direktur UT Makassar Hasanuddin pada Pelatihan Tutor Tatap Muka dan Tuweb

Berbicara soal ekosistem digital sebagaimana tema yang diusung dalam pelatihan ini, disebutkan Hasanuddin bahwa UT sebagai PTN pertama dan terdepan dalam penyelenggaraan pendidikan jarak jauh itu akan terus menerus mengembangkan inovasi pengembangan kurikulum sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Dikatakan, sesuai karakteristik mahasiswa UT, bahwa siapa saja yang memiliki ijazah setingkat SMA/sederajat maka bisa diterima tanpa melalui tes. Oleh karena itu maka Mahasiswa UT memiliki karakter yang bervariasi sekaligus menjadi tantangan.

Meskipun demikian, Hasanuddin tetap optimis pengalaman yang sudah cukup panjang telah dilewatinya sebagai PTN pelopor pembelajaran jarak jauh akan tetap terus bisa menjaga kualitas pembelajarannya, tentu dengan melibatkan teknologi. Dicontohkan, bahan ajar yang dibuat untuk mahasiswa harus bagus dan tidak ketinggalan zaman.

Dikatakan selama tiga hari pelatihan para tutor diberikan bekal pengetahuan serta pemahaman yang sama tentang program pembelajaran jarak jauh.

Di UT, dosen telah dibekali dengan bahan ajar yang mana mahasiswa UT sudah diasumsikan sudah bisa belajar mandiri. Cara belajar mandiri ini menghendaki mahasiswa untuk belajar atas prakarsa atau inisiatif sendiri.

UT menyediakan bahan ajar yang dibuat khusus untuk dapat dipelajari secara mandiri, selain menggunakam bahan ajar yang disiapkan UT.

Mahasiswa juga dapat berinisiatif memanfaatkan baik perpustakaan, mengikuti tutorial baik secara tatap muka maupun melalui internet (tutorial online), radio, televisi serta menggunakan bahan ajar berbantu komputer dan program audio/video.

News Feed