English English Indonesian Indonesian
oleh

Jalan Mappanyukki Ditutup Dua Bulan, Warga Makassar Sebaiknya Cari Jalan Alternatif

MAKASSAR, FAJAR – Jalan Andi Mappanyukki, Makassar, ditutup selama dua bulan. Proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Losari penyebabnya.

Saat ini, ada pengerjaan jacking. Jacking merupakan pengerjaan pemasangan pipa bawah tanah dengan kedalaman 3,5 meter sampai 14 meter sehingga membutuhkan akses ruang.

Metode jacking sendiri mendorong pipa secara horizontal dengan hidrolik. Jaringan pipa ini merupakan pipa utama atau primer dari keseluruhan IPAL Losari.

Maka dari itu masyarakat di sekitar lokasi mesti melewati jalan pintas di area stadion yang berbatu. Saat ini, sejumlah jalan juga terdampak proyek ini, seperti Jl Arif Rate.

Site Office Manager (SOM) PT Waskita, Sahar, mengatakan pengerjaan masih berlangsung. Hingga kini, pihaknya sudah menghabiskan waktu sebulan dalam pengerjaan.

Sahar yang juga pelaksana lapangan menuturkan, kedalaman pemasangan pipa (jacking) ini sampai tujuh meter. Memang sempat terhambat karena cuaca yang tak mendukung.

“Untuk di Mappanyukki ini beberapa waktu belakangan tidak maksimal karena kondisi cuaca. Tinggal sebulan lagi pengerjaannya, tinggal menunggu pipanya selesai pada sisi kiri itu,” tutur Sahar, kemarin.

Secara singkat, mekanisme kerja dimulai dengan membuat lubang kerja terlebih dahulu. Lubangnya disesuaikan dengan elevasi yang direncanakan. Selanjutnya, mesin diturunkan kemudian pipa didorong.

Sistem pemasangannya tanpa dilakukan galian permukaan. Nanti, pipa itu tersambung ke pipa lain yang saat ini dikerjakan Adhi Karya. Diameternya lebih besar (pipa induk).

News Feed