English English Indonesian Indonesian
oleh

Solusi Transaksi Keuangan di Pulau, Warga Hemat Biaya dan Waktu

Menurut Yuhar, bagi warga yang tidak memiliki M-Banking, mereka biasa memanfaatkan agen BRILink untuk bayar kredit, tagihan dan pembayaran pembelian barang di marketplace.

Selain itu, Ia juga bisa melakukan penarikan lewat agen BRILink apabila menerima transferan dari luar pulau. “Walaupun yang bisa ditarik belum bisa nominal besar. Tetapi setidaknya itu sangat membantu dan memudahkan kita di sini,” imbuhnya.

Warga Pulau Terluar Butuh Agen BRILink

Berbeda dengan warga  di Pulau Sapuka Kecamatan Liukang Tangaya Kabupaten Pangkep. Pulau yang berjarak berkisar 377 km ini dari ibu kota Kabupaten Pangkep ini belum sama sekali memiliki agen BRILink. Sehingga, akses layanan keuangan masyarakat setempat masih sulit. Transaksi keuangan hanya dari orang ke orang yang memiliki M-Banking atau aplikasi BRImo. Mereka saling membantu dan memudahkan satu sama lain.

“Kalau ada warga butuh uang tunai, sisa datang ke rumah suruh transfer ke rekeningku nominal yang dibutuhkan baru saya kasih uang tunai. Begitun pun jika mau menyetor, datang bawa uang tunai lalu saya transfer ke rekeningnya melalui BRImo,” ujar salah seoang warga Pulau Sapuka, Muhammad Ramlan (33).

Sebab, jika harus ke ibu kota Pangkep butuh waktu 35 jam naik kapal laut. Bahkan lebih dekat jika mau ke Kota Makassar, hanya 24-26 jam saja. “Kesulitannya adalah jika  ada yang mau transaksi puluhan juta untuk membeli sesuatu misanya. Mau menarik sampai Rp50 juta namun kita tidak punya uang cash sebanyak itu,” tambahnya.

News Feed