English English Indonesian Indonesian
oleh

Pemulihan Ekosistem Laut, Kolaborasi Unhas Bersama Dua Universitas Asal Tiongkok

FAJAR, MAKASSAR– Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof. Jamaluddin Jompa, secara resmi membuka acara Seminar on Marine Ranching Construction: Sino-Indonesian Technical Cooperation on Offshore Marine Eco-Ranching di Unhas Hotel & Convention, Tamalanrea, Makassar, Senin, 28 Oktober 2024.

Acara ini merupakan inisiatif kolaboratif antara Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Unhas bersama Shanghai Ocean University dan Guangdong Ocean University. Seminar ini bertujuan untuk membahas pengembangan marine ranching dan pengelolaan laut berkelanjutan, dengan menghadirkan pakar-pakar dari kedua negara.

Seminar berlangsung dari pukul 08.00 hingga 13.00 WITA, menghadirkan narasumber utama yaitu, Prof Xuefeng Wang dari Guangdong Ocean University, Prof Shuo Zhang dari Shanghai Ocean University, Dr. Syafyudin Yusuf dari Unhas, serta Dr Suryadi Saputra dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Mereka membahas topik-topik seperti perkembangan marine ranching di Tiongkok, inovasi pengelolaan sumber daya perikanan, serta perencanaan terumbu buatan di Indonesia.

Prof JJ sapaan Rektor menekankan pentingnya kerja sama ini dalam mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan. Sejak 2022, proyek kolaborasi ini bertujuan mendesain dan mengimplementasikan langkah-langkah perbaikan ekosistem laut, termasuk pemasangan terumbu buatan sebagai upaya pemulihan ekosistem jangka pendek. Ia juga menekankan peran pendidikan melalui kunjungan studi mahasiswa dari kedua negara, yang membantu mempererat hubungan dan pemahaman antarbangsa.

News Feed