English English Indonesian Indonesian
oleh

Mahasiswa Teknik Sipil Unhas Rancang Wisma Atlet Ramah Lingkungan

MAKASSAR, FAJAR-Mahasiswa Teknik Sipil Unhas torehkan prestasi pada ajang Internasional University of Malaya Civil Engineering Competition (UMCvEC) 2022. Lima mahasiswa itu merancang desain perancangan wisma atlet dan roof truss yang ramah lingkungan.

Melalui rancangan tersebut, Tim Departemen Teknik Sipil Unhas ini menyabet juara pada kategori Best Popularity Award. UMCvEC 2022 itu diselenggarakan oleh University of Malaya, Malaysia, Sabtu, 7 Mei.

Lima mahasiswa dari Teknik Sipil Unhas yaitu, Yusril Ramadhan, Hari Anggara, dan Muthmainnah yang merupakan mahasiswa angkatan 2018. Kemudian, Muhammad Fadli Al Kautsar dan Muh Farhan Muhlis yang merupakan angkatan 2020.

Rancangan tersebut, menerapkan prinsip green design, sehingga desain lebih efisien dan mengedepankan aspek keberlanjutan. “Desain bangunan ramah lingkungan dan estetik tersebut terinspirasi dari budaya bugis Sinjai yang bermakna tempat bertemunya para raja-raja,” ujar Ketua Tim sekaligus Mahasiswa Teknik Sipil 2018, Yusril Ramadhan.

Kata Yusril, desain perancangan wisma atlet dan roof truss itu dengan filosofinya yakni, wisma atlet yang berfungsi sebagai tempat bertemunya para atlet dari pelbagai daerah. “Rancangan tersebut kami persiapkan sejak Januari 2022,” ungkapnya.

Dosen Fakultas Teknik Unhas sekaligus Pembimbing Tim Lomba, Rita Irmawati mengatakan, lima mahasiswanya berhasil mendesain sebuah inovasi wisma atlet yang aman, ramah lingkungan dan estetik, juga desain roof truss yang kokoh dan ringan. “Tidak mudah merancang hal tersebut. Mesti memiliki banyak referensi dan juga tekun mencoba atau meneliti terlebih dahulu sebelum dilombakan,” ucapnya.

News Feed