English English Indonesian Indonesian
oleh

Baru Hujan Perdana, Tujuh Rumah Diterjang Angin Kencang

MAROS, FAJAR – Sejumlah rumah di Dusun Manggai, Desa Damai, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros rusak usai diterjang angin kencang, Rabu sore, 16 Oktober 2024.

Kepala Desa Damai Muhammad Basri Sarro mengatakan insiden angin kencang ini terjadi sekitar pukul 16.00 Wita.
“Jadi kemarin itu memang hujan disertai angin kencang sekitar pukul 16.00 Wita,” katanya.

Tujuh rumah yang terdampak, beberapa di antaranya cukup parah. “Lima paling parah dan satu bahkan rata dengan tanah,” jelasnya.

Meski tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, pemilik rumah kini mengungsi ke rumah keluarga masing-masing.
“Beruntungnya tidak ada korban jiwa, tidak ada luka-luka juga,” sebutnya.

Akibat peristiwa ini kerugian materil warga ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. “Kami belum bisa menentukan jumlah pastinya, namun melihat kerusakan tujuh rumah ini kemungkinan mencapai ratusan juta,” jelasnya.

Saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan bendahara desa terkait anggaran untuk penyaluran bantuan kepada warga yang terdampak. “Kami juga sudah melaporkan kejadian ini ke BPBD,” akunya.

Terpisah Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maros, Nasrul mengatakan dari laporan yang masuk ke logistik ada delapan unit rumah terdampak angin kencang.

“Tim kami sementara ke lokasi melakukan penyaluran bantuan logistik,” katanya.

Adapun bantuan yang disalurkan untuk saat ini yakni terpal, tikar, selimut, bahan makanan sementara, kompor dan tabung gas, minyak goreng, dan yang lainnya.

“Selain rumah diterjang angin kencang, juga ada laporan pohon tumbang di tiga titik kemarin, yakni di Kompleks Haji Banca, Perum Grand Purnama Palisi Marusu, dan Kecamatan Tanralili,” ungkapnya. (rin/zuk)

News Feed