English English Indonesian Indonesian
oleh

Puting Beliung di Bulukumba, Sejumlah Rumah Warga Alami Kerusakan

FAJAR, BULUKUMBA -Angin puting beliung menerjang Desa Bonto Tangga, Kecamatan Bonto Tiro, Bulukumba, Kamis, 23 Juni 2022. Angin kencang yang disertai hujan deras tersebut merusak tiga rumah warga.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulukumba, Andi Akrim Amir, mengatakan, pihaknya telah menerjunkan anggotanya untuk turun langsung membantu para korban.

Mereka membawa logistik berupa makanan dan mendirikan tenda sementara bagi korban yang terkena musibah.

Tiga rumah di Bonto Tangga, kata Akrim Amir, masing- masing milik Syamsuddin 57 tahun, genteng. Genteng atap dan balok-balok penyangga atap rumah hancur, serta sepeda motor mengalami kerusakan akibat terkena reruntuhan genting yang jatuh.

Serta rumah milik Tuppu (65) dan Hamsina (55) juga mengalami kerusakan pada bahagian atap akibat di terjang Anging puting beliung. “Untuk sementara data itu yang kita terima, tim BPBD sudah dilokasi untuk membantu korban,” kata Andi Akrim.

Angin puting beliuang, kata Andi Akrim beberapa pekan terakhir kerab terjadi, itu akibat cuaca ekstrem berupa hujan deras yang merata diseluruh wilayah Bulukumba.

Beberapa hari lalu puting beliung juga merusak rumah warga di Kecamatan Herlang, Bulukumba. Sebanyak 3 rumah warga di Kelurahan Bonto Kamase dan 4 rumah Kelurahan Tanuntung di Kecamatan Herlang, Bulukumba.

“Ini akibat hujan deras yang ekstrim, dampaknya akan menimbulkan efek-efek seperti banjir dan angin kencang,” kata Andi Akrim.

Andi Akrim menghimbau warga Bulukumba untuk terus siaga dikondisi seperti saat ini. Khususnya menghindari pohon lebat agar tidak kejatuhan dahannya. (akb/*)

News Feed