English English Indonesian Indonesian
oleh

Kelola Kampus dengan Inovatif, Satu Strategi Untuk Capai Unggul

FAJAR, MAKASSAR – Universitas Islam Al-Azhar (UNIZAR) kedatangan narasumber berbagi informasi. Kali ini mengenai pengelolaan inovatif di fakultas kedokteran.

Narasumbernya yakni Prof. dr. Rosdiana Natzir, Ph.D., Sp.Biok. merupakan Dekan baru Fakultas Kedokteran Unizar. Dirinya membagikan visi dan strategi inovatifnya untuk mengantarkan FK Unizar menuju akreditasi unggul dan pencapaian kualitas tertinggi.

Prof. Rosdiana, yang sebelumnya berpengalaman sebagai Wakil Dekan I di Universitas Hasanuddin (Unhas), menjelaskan pentingnya pengembangan bertahap dan berkelanjutan untuk mencapai target yang sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Ada tahap-tahap yang harus dicapai setiap tahun, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Target utama tentu meningkatkan kualitas di segala aspek, terutama dalam akreditasi,” ucapnya Kamis, 12 September 2024.

Kata dia, Akreditasi mencakup keseluruhan elemen Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam wawancara tersebut, Prof. Rosdiana menekankan tiga komponen utama yang menjadi fokusnya: input mahasiswa, proses pendidikan, dan output lulusan.

“Input mahasiswa harus lebih ditingkatkan kualitasnya. Kita juga harus melihat minat calon mahasiswa. Semakin banyak peminat, semakin selektif kita dalam memilih yang terbaik,” ucapnya.

Proses pendidikan juga harus diperbaiki, dan saya akan mempelajari lebih lanjut apa yang perlu dibenahi. Jika sudah baik, tentu akan kita tingkatkan lagi,” jelasnya.

Prof. Rosdiana juga menambahkan, Selain itu, transparansi menjadi penting agar tidak ada saling curiga. Terbuka kepada pimpinan terkait dengan masalah-masalah yang ada, apalagi di bawah Universitas.

News Feed