English English Indonesian Indonesian
oleh

Prof Husain Syam Harap DPRD Jadi Mitra Strategis dan Mitra Sejajar Pemprov Sulbar

MAMUJU, FAJAR — Calon gubernur Sulawesi Barat, Prof Husain Syam mengatakan lembaga eksekutif (Gubernur) dan legislatif (DPRD) harus menjalankan peran dan fungsinya secara maksimal dalam mendukung pembangunan di daerah. DPRD harus menjadi mitra strategis dengan pemerintah daerah.

“Dalam konteks pemerintahan di Sulbar, DPRD provinsi harus menjadi mitra strategis pemerintah provinsi Sulbar,” kata Husain Syam.

Pria yang akrab disapa PHS itu mengatakan pihak eksekutif tidak boleh menunjukkan sifat arogansinya terhadap DPRD. Begitu juga sebaliknya. DPRD juga tidak boleh apriori dengan pihak eksekutif. Keduanya harus saling bersinergi dan bergandengan tangan memberikan layanan percepatan pembangunan sesuai kebutuhan masyarakat.

“Insya Allah kalau PHS-Enny diberi amanah memimpin Sulbar, kami akan memposisikan DPRD sebagai mitra strategis dan mitra sejajar,” kata mantan Rektor Universitas Negeri Makassar itu.

PHS meyakini tanpa support dan dukungan DPRD dalam menyeap aspirasi masyarakat dimasing masing dapilnya, maka program yang direncanakan pemerintah provinsi Sulbar agak sulit terealisasi sesuai kebutuhan masyarakat. Perencanaan anggaran yang diajukan eksekutf pun, kata dia, harus dibahas dan disetujui anggota DPRD.

Dalam pencalonannya di pilgub Sulbar 2024, PHS-Enny mengusung visi Sulbar Bangkit Maju Berkelanjutan. Husain Syam mengatakan visi ini bisa terwujud jika pemerintah provinsi dan DPRD Sulbar berkolaborasi dan saling mendukung. Karena itu prgram yang diajukan DPRD harus diakomodir karena itu hasil aspirasi dari masyarakat.-

News Feed