English English Indonesian Indonesian
oleh

ITMB Balik Diwa Lakukan Budi Daya Rumput Laut dengan Metode Vertikultur di Pitue Ma’rang, Pangkep

FAJAR, MAKASSAR — Institut Teknologi dan Bisnis Maritim (ITBM) Balik Diwa Makassar, mendapatkan kepercayaan melaksanakan hibah pendanaan Program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM).

PKM tersebut dari Kementerian Riset dan Teknologi (kemenristek)Tahun anggaran 2024. Kegiatan dilaksanakan melibatkan Mitra kelompok pembudi daya rumput laut di Desa Pitue Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep.

Tim Pengusul yakni terdiri dari Ketua Hj. Buana Basir, S.Pi.,M.Si. dengan anggota A. Osfira Rosary, SE.,M.Si dan Mesalina Tri Hidayani, S.Pi.,M.Si.

Ketua Tim PKM ITBM Balik Diwa Makassar di Desa Pitue Kecamatan Ma’rang,’Hj. Buana Basir, S.Pi.,M.Si mengatakan yang diusung oleh Tim Pelaksana, diterapkan berupa teknologi dalam berbudi daya rumput laut system vertikultur. Lalu Diversifikasi olahan rumput laut (Sabunmandi dan Lotion).

Kemudian ada Teknologi yang diberikan merupakan teknologi baru bagi pembudi daya rumput laut Pitue. Setelah masyarakat pembudi daya mengeluhkan harga dan produksi rumput laut yang cenderung menurun yang disebabkan oleh berbagai faktor.

“Selama ini pembudi daya rumput laut Pituehanya menggunakan kebiasaan berbudi daya metode Long Line (satu bentangan) dalam berbudi daya rumput laut,” ucapnya.

Metode vertikultur merupakan metode berbudi daya rumput laut dengan memanfaatkan kolom perairan denganmenggunakan bentangan tali secara vertikal dari permukaan air ke dalam kolom perairan.

Bibit rumput laut kata dia, yang ditanamdengan cara mengikatkan setiap bibit bersusun pada tali bentangan vertikal ke bawah dengan memberi jarak 10 cm antar ikatan bibit lainnya.

News Feed