English English Indonesian Indonesian
oleh

Dosen DIV Teknologi Lab. Medis Unimers Edukasi Murid SDN Baddoka

MAKASSAR, FAJAR–Pengabdian masyarakat adalah salah satu tuntutan sebagai warga perguruan tinggi. Semua civitas akademik terutama dosen wajib hukumnya menjalankan tridarma tersebut.

Oleh karena itu dosen yang berkolaborasi dengan mahasiswa DIV TLM, turun ke masyarakat untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang dikemas dalam konsep pengabdian masyarakat, Selasa, 15 Februari 2022. Pengabdian ini berlangsung di tengah-tengah anak SDN Baddoka, Sudiang. Temanya, “Edukasi, pemeriksaan kecacingan, dan pemberian obat cacing serta pemeriksaan pemberian kartu golongan darah bagi murid SD Negeri Baddoka Kota Makassar.”

Ada 10 dosen dan 15 mahasiswa DIV Teknologi Lab. Medis melakukan edukasi dalam mengenal bahaya infeksi cacingan, sanitasi lingkungan dan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat). Selain itu, dosen dan mahasiswa DIV TLM ini juga melaksanakan pemeriksaan kecacingan pada feses murid SDN Baddoka (120 murid), pencegahan kecacingan dengan pemberian obat cacingan secara gratis, pemeriksaan golongan darah serta pemberian kartu golongan darah pada murid SDN Baddoka.

Menurut Ketua Prodi DIV Teknologi Rumah Saki Nirmawati Anggeriyah, pelaksanaan pengabdian masyarakat ini menjadi momentum dalam membantu pemerintah dalam penanggulangan dan mencegah meningkatnya kasus penyakit kecacingan pada anak-anak usia SD. Ini juga akan meningkatkan konsentrasi belajar tanpa ada kecacingan dan menghasilkan serta mewujudkan anak-anak yang cerdas untuk masa depan yang cerah.

Kegiatan lainnya adalah melakukan pemeriksaan golongan darah agar anak-anak sudah dapat mengetahui golongan darahnya sedari dini. Apalagi kartu golongan darah dapat digunakan untuk berbagai keperluan. (rls)

News Feed