English English Indonesian Indonesian
oleh

Investasi Emas Makin Menjanjikan, Harganya Tembus Rekor Sepanjang Sejarah RI

“Usahakan membeli emas saat harga sedang turun,” ujar dosen Akuntansi Universitas Fajar ini.

Keuntungan dalam berinvestasi emas di antaranya, mudah diperjualbelikan dan pelindung dari inflasi. Saat terjadi kenaikan inflasi, nilai uang itu sendiri menjadi rendah. “Namun harga emas justru naik lebih tinggi harganya,” ucapnya.

Investasi emas instrumennya diversifikasi aset. Emas merupakan logam mulia yang paling populer yang digunakan sebagai alat investasi. “Emas berfungsi sebagai pelindung nilai dari investasi karena dianggap nilai emas relatif stabil,” ujarnya.

Nilai emas selalu meningkat, investasi emas termasuk instrumen yang sangat minim risiko soal nilainya. Likuid, permintaan emas yang tinggi memastikan bahwa emas mudah dijual.

“Kondisi itu membuat emas jadi aset sangat likuid atau mudah dicairkan jadi uang,” tuturnya.

Penyeimbang devaluasi mata uang, emas sebagai aset berwujud tidak dapat direproduksi dengan mesin selayaknya uang, makanya diyakini dapat melindungi para investor dari devaluasi mata uang.

Menjadi dana darurat, emas termasuk investasi jangka panjang. Karena keuntungan tidak bisa didapatkan dengan cepat.

Risiko terbilang minim, memilih emas sebagai investasi menjadi solusi terbaik untuk pemula, karena selain memiliki berbagai keuntungan, investasi ini juga minim risiko.

“Emas bisa disimpan dalam jangka waktu lama, bahkan tidak akan mengalami perubahan pada fisiknya,” tuturnya.

Selain itu, keuntungan investasi emas dari segi penyimpanan yang lama tidak menurunkan kualitasnya tersebut. Risiko investasi emas ini terbilang sangat minim karena harganya yang cenderung stabil bahkan naik menjadikannya lebih aman.

News Feed