English English Indonesian Indonesian
oleh

Investasi Emas Makin Menjanjikan, Harganya Tembus Rekor Sepanjang Sejarah RI

“Selain sangat praktis, likuiditasnya sangat tinggi, Tabungan Emas Rencana dapat dilakukan di manapun dan kapanpun melalui aplikasi Pegadaian Digital,” ujarnya.

Alternatif Aman

Analis Keuangan Universitas Fajar (Unifa) Wawan Darmawan melihat bahwa emas adalah alternatif pilihan berinvestasi yang paling aman. Emas masih pilihan alternatif investasi karena cenderung naik meskipun fluktuatif. Jika pun turun, nilainya tidak signifikan.

“Kelebihan lainnya, yaitu likuiditasnya tinggi, sehingga bisa dicairkan cepat dan kapan saja dibutuhkan saat darurat. Emas juga bisa digadaikan jika kita butuh uang, namun tak mau menjualnya,” ucapnya

Wawan membagikan tips atau cara aman membeli emas, yakni tentukan dahulu apa tujuan investasi emas sebelum memutuskan berinvestasi emas. Ini agar memudahkan dalam menargetkan jumlah emas yang harus dimiliki.

“Pastikan kemurnian emas sebelum memutuskan membeli agar mengetahui tingkat keuntungan yang akan diperoleh,” katanya.

Tips selanjutnya, yaitu tentukan ukuran emas yang akan dibeli sambil mempertimbangkan jangka waktu tujuan berinvestasi.

“Ukuran kecil tentu lebih mudah dicairkan dibandingkan ukuran yang lebih besar, sehingga saat sedang dibutuhkan bisa langsung dijual,” tuturnya.

Untuk membeli emas harus di tempat yang terpercaya, sebaiknya jangan online yang tidak jelas kredibilitasnya. Sebaiknya beli emas batangan di lembaga keuangan yang resmi dan diawasi OJK, seperti Pegadaian atau toko emas terpercaya lainnya.

Bandingkan harga emas di masing-masing produsen seperti Antam, PT UBS, dan juga Galeri 24 sebelum membelinya. Ketiga perusahaan ini tentu juga memberikan harga emas yang berbeda-beda.

News Feed