English English Indonesian Indonesian
oleh

Israel Galau Balas Iran, Hizbullah Ikut Gencarkan Serangan

Barat Berang

Serangan balasan Iran ke Israel membuat negara-negara barat berang. Menanggapi itu, Iran justru meminta agar barat dapat membuka mata pada kejahatan perang yang dilakukan Israel selama ini.

’’Daripada melontarkan tuduhan terhadap Iran, negara-negara (barat) harus menyalahkan diri mereka sendiri dan menjawab opini publik atas tindakan yang mereka ambil terhadap kejahatan perang yang dilakukan oleh Israel,’’ tegas Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanani.

Barat Minta Tahan Diri

Meski Israel sangat ingin membalas serangan Iran, negara-negara barat terus meminta agar Israel tidak melakukannya. Presiden Prancis Emmanuel Macron menyebut, serangan Iran terhadap Israel tidak proporsional.

Oleh karena itu, Macron meminta Israel menahan diri. ’’Kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk menghindari eskalasi dan meyakinkan Israel bahwa mereka tidak boleh membalas serangan Iran dengan eskalasi lebih lanjut,’’
katanya.

Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron juga mendesak Israel untuk tidak membalas. Dameron menyebut, fokus harus kembali pada gencatan senjata di Gaza.

’’Jika Anda duduk di Israel pagi ini, Anda berpikir dengan benar bahwa kami mempunyai hak untuk menanggapi hal ini dan mereka memang berhak melakukannya. Namun, kami mendesak agar konflik tidak meluas,’’ jelas dia.

Di Washington, Presiden AS Joe Biden telah berbicara dengan Raja Abdullah II dari Yordania melalui telepon, terkait situasi di Timur Tengah. Biden juga menekankan bahwa AS tidak akan mengambil bagian jika Israel akan membalas Iran.
(dee/jpg/zuk)

News Feed