English English Indonesian Indonesian
oleh

Serangan Iran ke Israel Berpotensi Picu Perang Dunia III, jika…

Picu Eskalasi

Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana mengatakan, serangan Iran ke Israel berpotensi memicu Perang Dunia (PD) III. Terutama jika Amerika Serikat (AS) mengerahkan pasukan militernya secara langsung untuk membantu Israel membalas serangan Iran.

Saat ini AS telah mengeluarkan pernyataan resminya untuk membela Israel seraya mengutuk Iran. ”Bila AS tetap membantu Israel melancarkan serangan balasan ke Iran, bukan tidak mungkin negara-negara lain seperti Korea Utara dan Rusia akan membantu Iran,” ujarnya.

Kondisi ini tentu akan membuat perang di Timur Tengah bereskalasi yang menjurus pada terjadinya PD III. Jika hal itu terjadi, kerugian bukan hanya menimpa Israel dan Iran, tetapi seluruh umat manusia.

Agar hal tersebut tak terjadi, Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani itu mendorong Pemerintah Indonesia untuk turun tangan. Indonesia bisa meminta Dewan Keamanan PBB untuk membuat resolusi Majelis Umum yang mengutuk tindakan Israel.

Langkah lainnya, Indonesia perlu melakukan shuttle diplomacy ke AS dan beberapa negara Eropa agar tidak mendukung Israel. Selain itu, Indonsia perlu mendorong rakyat dan dunia agar oposisi Israel menurunkan Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu sehingga serangan bisa dihentikan.

”Pemerintah Indonesia perlu untuk turun tangan untuk memastikan agar serangan bisa dihentikan, termasuk serangan ke Jalur Gaza oleh Israel,” pungkasnya. (dee/mia/oni)

Majid Asgaripour/Reuters
DUKUNG GARDA. Demonstran Iran membawa bendera Palestina di depan Kedutaan Inggris di Teheran. Mereka mengutuk Israel.

News Feed