English English Indonesian Indonesian
oleh

Capaian Pembangunan Ekonomi Sulsel 2018-2023

Tapi takdir Tuhan berkehendak lain, serangan Pandemi Covid-19 secara tidak terduga terjadi melanda dunia secara mendadak, padahal sebelumnya diperkirakan tidak akan menyebar dan tidak parah. Termasuk kemudian diikuti adanya banyak rentetan peristiwa yang kurang kondunsif lain akibat berbagai persoalam secara global.

Sesuai data-data BPS Sulsel terkait capaian kinerja pembangunan ekonomi di Sulsel selama priode 2018-2023 dapat dianalisis secara singkat dengan menelisik tren perkembangan dan capaian terhadap sembilan (9) indikator perekonomian makro yang utama, yaitu: Pertumbuhan Ekonomi; Tingkat Inflasi; Tingkat Pengangguran; Tingkat Kemiskinan; Gini ratio; Nilai Tukar Petani (NTP); Nilai Tukar Nelayan; Pendapatan Perkapita; dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Secara umum sesuai analisis berdasarkan tabel statistik sederhana, diperoleh hasil bahwa capaian kinerja dari sembilam target indikator pembangunan Sulsel yang ditarget selama masa enam tahun secara keseluruhan (2018-2023) ternyata masih ada 18 target dari 54 target yang direncanakan tidak tercapai atau tidak berhasil direalisasikan.

Terakhir, dapat disimpulkan bahwa selama 6 tahun pengamatan atas 9 indikator target, jadi dengan 54 target indikator yang direncanakan, yang dapat terealisasi mencapai 67 persen, jadi sisanya 33 persen tidak terealisasi. Artinya dalam kondisi cukup berat sekalipun akibat berbagai peristiwa kurang kondunsif selama ini, ternyata target-target indikator yang direncanakan Pemprov. Sulsel, kinerja pencapaiannya cukup memuaskan realisasinya.

News Feed