English English Indonesian Indonesian
oleh

Ifthar-Tarawih dan “Mode Senyap” Penyaluran

Bahkan hingga petugas hingga tata cara pelaksanaannya-pun mengikuti kebiasaan pada asal negara mereka. Tidak hanya di Riverside, hal serupa pula terlihat pada Salaam foundation yang diinisiasi muslim asal Turki yang berlokasi di bilangan Irvine-pun menyajikan makanan khas Turki serta pelaksanaan shalat tarawih mengikuti tata cara madzhab Hanafi sebagaimana di Turki.Islamic Centre yang sejauh ini cukup mengemuka diinisiasi oleh komunitas muslim Indonesia dalam wilayah KJRI Los Angeles adalah IMFO (Indonesian Muslim Foundation Los Angeles) dengan masjid At-Thohir-nya dan NMC (Nusantara Muslim California) dengan masjid At-Taqwa.

Kedua masjid ini sangat identik dengan nuansa buka puasa bersama ala Indonesia, mulai dari ragam penganan takjil yang disuguhkan, pelaksanaan shalat tarawih-nya, hingga pengisi acara yang didatangkan langsung dari Indonesia. Menu makanan Indonesia nyatanya menjadi daya tarik tersendiri bagi jamaah untuk datang melaksanakan buka puasa dan tarawih di masjid ini berdasarkan beberapa pihak yang sengaja datang meskipun harus menempuh jarak yang cukup jauh.

Setidaknya sedikit mengobati rasa rindu terhadap kampung dan keluarga besar yang ditinggalkan di Indonesia.Satu hal unik yang terlihat berbeda terutama pada masjid komunitas Indonesia adalah tren buka puasa bersama (ifthar) dan tarawih pada akhir pekan. Meskipun sejatinya tetap tersedia pada tiap malam Ramadhan, namun yang ramai pengunjung adalah pada momen akhir pekan yaitu setiap Jum’at, Sabtu, dan Ahad. Faktor utama yang mendasari tentu kesibukan mayoritas anggota komunitas yang pada week day (hari kerja) sulit meluangkan waktu lantaran jadwal pekerjaan yang tidak bisa ditolerir, terlebih jarak yang ditempuh ke masjid-pun cukup jauh dan akan cukup repot dengan rush hour (jam sibuk) lalu lintas di jalan.

News Feed