English English Indonesian Indonesian
oleh

Eksplanasi Lailat al-Qadr


Jadi, ๐™‡๐™–๐™ž๐™ก๐™–๐™ฉ ๐˜ผ๐™ก-๐™Œ๐™–๐™™๐™–๐™ง merupakan ๐™‡๐™–๐™ž๐™ก (malam) yang sangat istimewa di bulan Ramadan, dan disebutkan dalam Al-Quran sebagai ๐™‡๐™–๐™ž๐™ก (malam) yang lebih baik dari seribu bulan.
Sulit dicerna akal sehat, bahwa ๐™‡๐™–๐™ž๐™ก๐™–๐™ฉ ๐˜ผ๐™ก-๐™Œ๐™–๐™™๐™–๐™ง bersamaan turunnya para malaikat ke bumi menjadi sempit, karena dipadati oleh jubelan varian malaikat.


Saking berjejal-jejalnya malaikat turun ke permukaan bumi, ada ulama menduga โ€˜Boleh jadi malaikat lebih banyak ketimbang jumlah butiran pasir di permukaan bumi iniโ€™.
Itulah waktu Al-Qur’an turun secara menyeluruh pada malam ๐™‡๐™–๐™ž๐™ก๐™–๐™ฉ ๐˜ผ๐™ก-๐™Œ๐™–๐™™๐™–๐™ง. (Q.S Al-Baqarah: 185)
‘๐˜ˆ๐˜ญ๐˜ข ๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ญ๐˜ญ๐˜ช ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ญ, ๐™‡๐™–๐™ž๐™ก๐™–๐™ฉ ๐˜ผ๐™ก-๐™Œ๐™–๐™™๐™–๐™ง waktu diturunkan ayat suci menggetarkan alam sebagai tangga menuju alam kebahagiaan. ๐™‡๐™–๐™ž๐™ก (malam) turunnya mukjizat besar, Kitab Al-Quran, penerang bagi seluruh alam.


Dalam gurat-gurat tintanya, terukir rahasia dunia yang tiada tara. Al-Qurโ€™an, nur yang tak ternilai, mengalir dalam kegelapan, menyinari jiwa yang gelap.


Jadi, ๐™‡๐™–๐™ž๐™ก๐™–๐™ฉ ๐˜ผ๐™ก-๐™Œ๐™–๐™™๐™–๐™ง merupakan rezeki materiil keduniawian dan keakhiratan.
Indahnya bila ๐™‡๐™–๐™ž๐™ก๐™–๐™ฉ ๐˜ผ๐™ก-๐™Œ๐™–๐™™๐™–๐™ง dijadikan momen spesial untuk merenung dan bersyukur atas nikmat dan karunia Allah ๏ทป.
Tak heran, banyak umat Muslim terus berlomba-lomba dalam kebaikan demi bisa mendapatkan berbagai keutamaan dalam malam ๐™‡๐™–๐™ž๐™ก๐™–๐™ฉ ๐˜ผ๐™ก-๐™Œ๐™–๐™™๐™–๐™ง.


๐Ÿฎ๐Ÿฏ ๐—ฅ๐—ฎ๐—บ๐—ฎ๐—ฑ๐—ต๐—ฎ๐—ป ๐Ÿญ๐Ÿฐ๐Ÿฐ๐Ÿฑ ๐—›

News Feed