English English Indonesian Indonesian
oleh

Eksplanasi Lailat al-Qadr

Oleh: Suf Kasman, Dosen UIN Alauddin Makassar


Nama chapternya surah π˜Όπ™‘-π™Œπ™–π™™π™–π™§ dengan pesonanya yang tiada tara. Di dalam π™‡π™–π™žπ™‘π™–π™© π˜Όπ™‘-π™Œπ™–π™™π™–π™§ didokumentasikan aneka 𝘧𝘒π˜₯𝘩π˜ͺ𝘭𝘒𝘡 yang telah dibongkar sebagian rahasia kemuliaannya.
π™‡π™–π™žπ™‘ artinya malam… Ada apa dengan π™‡π™–π™žπ™‘ (waktu malam)?


Allah bersumpah dengan 𝙖𝙑-π™‡π™–π™žπ™‘ (malam) β€œπ˜žπ˜’ π™‘π™‘π™–π™žπ™‘π™ž π˜ͺπ˜₯𝘻𝘒𝘒 π˜Ίπ˜’π˜¨π˜©π˜΄π˜Ίπ˜’π˜’β€. Demi waktu 𝙖𝙑-π™‡π™–π™žπ™‘ (malam) ketika menutupi (cahaya siang). (QS. 𝙖𝙑-π™‡π™–π™žπ™‘: 1)


Detak waktu terindah untuk bermunajat kepada Allah ο·», ternyata berada di puncak keheningan π™‡π™–π™žπ™‘ (malam) yang gelap gulita. Sepertiga π™‡π™–π™žπ™‘ (malam), Arasy-Nya terbuka luas membentang.


Ketika π™‡π™–π™žπ™‘ (malam) tiba, pintu gerbang terbuka semerbak dengan harum wangi bunga-bunga β€˜rahmat’ dan keberkahan. Di sanalah 𝘧𝘒π˜₯𝘩π˜ͺ𝘭𝘒𝘡- 𝘧𝘒π˜₯𝘩π˜ͺ𝘭𝘒𝘡 dan keramat 𝙖𝙑-π™‡π™–π™žπ™‘ bertempiar dan berhamburan.


Itulah sebabnya, waktu π™‡π™–π™žπ™‘ (malam) amat tepat mencurahkan segala harap.
Beradu mengadu pada Tuhan Yang Maha Hebat.


Doa-doa mengetuk pintu langit.
Meski hamba Allah berkalang dosa dan kemaksiatan dengan jumlah kebaikan yang hanya berbilang.


Maka, bangkitlah membersihkan diri dari jahiliyyah yang menjangkit pada waktu π™‡π™–π™žπ™‘ (malam) tersebut.
Adapun ekstrak π˜Όπ™‘-π™Œπ™–π™™π™–π™§ berarti ladang kemuliaan. Kemuliaan datang ke dalam jiwa insan pada waktu π™‡π™–π™žπ™‘ (malam), seperti matahari pagi ke dunia; mulanya waktu fajar lalu terang; dan akhirnya matahari dalam kecerahan penuh menyinari alam semesta.
π˜Όπ™‘-π™Œπ™–π™™π™–π™§ (kemuliaan) bisa pula dieksplanasikan sebagai seruan dan lambaian untuk berubah dan kemudian memberinya kekuatan untuk melakukan aneka kebajikan.

News Feed