English English Indonesian Indonesian
oleh

Mahasiswa Baru UT di Lintas Benua Ikuti Orientasi Studi

Berdasarkan data Direktorat Akademik Kemahasiswaan dan Kelulusan (DAAK) UT, jumlah mahasiswa baru UT LLN tercatat sebanyak 5.316 orang pada masa registrasi 2023 Genap. Hingga awal 2024, UT telah menjadi wadah pendidikan bagi 5.316 orang yang tersebar di lebih dari 50 negara.

Daya jangkau layanan pendidikan UT bagi WNI yang berada di luar negeri, khususnya para pekerja migran Indonesia (PMI), diperkuat dengan nota kesepahaman antara UT dengan Kemenlu mengenai peningkatan akses dan penyelenggaraan layanan pendidikan tinggi di luar negeri melalui sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh.

Wakil Rektor UT Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama dan Bisnis, Rahmat Budiman menambahkan, penyelenggaraan UT di luar negeri bagian dari upaya UT memberikan akses layanan pendidikan tinggi berkualitas kepada semua warga Negara Indonesia, terutama kepada ribuan anak-anak magang yang saat ini berada di luar negeri.

“Semoga, ketika kembali ke Indonesia, mereka memiliki keahlian dan kompetensi lain yang dibuktikan dengan gelar sarjana yang diperolehnya sehingga siap bersaing di pasar global,” tandas Rahmat.

Direktur UT Makassar, Prof Dr A. Rahman Rahim , SE MM menambahkan, saat ini kampus negeri UT mahasiswanya bukan hanya tinggal di Indonesi tetapi juga menyebar pada lima puluh negera dan beberapa benua, katanya. (*)

News Feed