English English Indonesian Indonesian
oleh

Tenor Panjang Saat Ini Baru Maksimal 20 Tahun, Tenor KPR 35 Tahun Segera Terealisasi

Rencana skema tenor pembiayaan perumahan hingga 35 tahun juga merupakan langkah pemerintah secara bertahap menuju zero backlog pada 2045. Hingga 2021, angka backlog hunian di Indonesia masih mencapai 12,71 juta unit.

Di dalam negeri sendiri, sentimen pasar properti pada 2024 diproyeksikan terbilang positif termasuk dari sisi tingkat suku bunga. Sejumlah pelaku usaha properti menilai perbankan juga tidak jor-joran menaikan suku bunga KPR.

Persaingan antarbank cukup sehat, sehingga cicilan yang diberikan tetap realistis untuk menjaga kenyamanan nasabah.

Adapun pembiayaan KPR di BSI hingga September 2023 mencapai Rp51,2 triliun tumbuh 10,6 persen year on year (YoY). Kualitas KPR BSI pada 2023 sekitar 2 persen lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini menggambarkan pembiayaan KPR BSI tumbuh dan sustain dengan kualitas pembiayaan yang baik.

Sebelumnya, BSI menggandeng salah satu perusahaan developer di Sulsel Gowa Makassar Tourism Development (GMTD). Apalagi, pertumbuhan pembiayaan rumah BSI di Sulsel pada posisi 30 persen.

Regional CEO Region X BSI Makassar Jajang Abdul Karim menjelaskan bahwa bank syariah memiliki konsep angsuran yang tetap sampai dengan lunas.

“Jadi tidak ada yang namanya perubahan-perubahan angsuran. Nah ini masyarakat bisa memproyeksikan keuangan dengan baik,” katanya. (ams-sae/zuk)

News Feed